5 Tips Liburan Murah di Singapura dengan Rp 1.5 Jutaan - Reservasi Travel Blog

5 Tips Liburan Murah di Singapura dengan Rp 1.5 Jutaan

Travel Tips2.2K
5 Tips Liburan Murah di Singapura dengan Rp 1.5 Jutaan

Travel Blog Reservasi – Liburan murah di Singapura cukup dengan Rp 1.5 jutaan ternyata bisa juga kok! Pasalnya sudah banyak backpacker asal Indonesia yang menjadikan negara ini sebagai tujuan pertama jalan-jalan ke luar negeri. Seperti apa caranya?

1. Selalu Bawa Botol Air Minum

Salah satu kunci penghematan di luar negeri terutama di Singapura adalah membawa botol air minum sendiri. Di beberapa tempat termasuk bandara Changi tersedia beberapa keran air minum siap konsumsi. Bahkan di beberapa titik juga disediakan dispenser air panas.

Jadi, demi menghemat pengeluaran untuk air minum. Jangan sungkan apalagi malu untuk membawa botol air minum sendiri. Bahkan saat di pesawat pun kamu masih diizinkan untuk membawa air minum sendiri. Pastikan saat melewati pemeriksaan imigrasi, kosongkan botol air minum terlebih dahulu baru kemudian isi ulang di tempat yang disediakan.

Harga satu botol air mineral di Singapura cukup mahal sekitar Rp 20-an. Sedangkan di Indonesia masih di bawah Rp 5 rban. Jadi, daripada mengeluarkan biaya cukup besar untuk sekali minum, lebih baik menghemat dengan cara membawa botol air minum sendiri.

2. Gunakan Kartu SIM Lokal

Jika kamu termasuk orang yang wajib update sekalipun berada di luar negeri. Kamu bisa menggunakan kartu SIM lokal. Kamu bisa membelinya di pusat kota atau di Bandara. Rata-rata harganya kurang lebih sekitar S$12 dengan kuota sekitar 100 GB menggunakan SingTel.

Nah, tapi ini hanya optional kok. Buat kamu yang ingin menikmati liburan, kamu tetap bisa terhubung dengan internet memanfaatkan wifi gratis sejak dari Bandara Changi. Tapi, pastikan kamu tidak melakukan transaksi tunai dengan menggunakan kartu kredit saat terhubung dengan akses internet publik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu menggunakan kartu SIM lokal biasanya ada biaya aktivasi roaming Internasional antara Rp 150 rb sampai dengan Rp 250 rb. Ada yang sudah termasuk kuota internet ada yang belum. Jadi, pastikan dengan bijak mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Termasuk salah satunya kadang ada juga yang bermasalah ketika menggunakan kartu sim card dari tanah air.

3. Gunakan Ez Link untuk Transportasi Murah

Transportasi yang paling hemat dan murah di Singapura adalah menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT dan Bus. Nah, supaya tahu jalur dan rutenya, kamu perlu peta offline. Namun, jika kamu selalu terhubung dengan internet, kamu bisa menggunakan google maps untuk mendapatkan panduan arah untuk menuju suatu tempat.

Harga kartu Ez Link 2018

  • Beli di stasiun S$12 (Harga kartu $5 dan saldo $7)
  • Beli di Sevel S$10 (Harga kartu $5 dan saldo$5)

Kartu Ez Link (pay as you go) dapat digunakan untuk semua moda transportasi di Singapura kecuali taksi. Saldo akan terpotong sesuai dengan biaya yang dikenakan. Baiknya top up secara berkala misalnya untuk satu hari cukup top up sebesar S$10 saja.

4. Cari Hotel atau Hostel dekat Stasiun MRT

Nah, ini salah satu yang cukup penting juga. Rata-rata harga hotel dan hostel di Singapura memang cukup mahal. Semakin dekat dengan stasiun MRT, harganya akan semakin mahal. Jika ingin mendapatkan hotel atau hostel yang relatif terjangkau bisa mencari yang sedikit jauh dari stasiun MRT atau di kawasan Bugis Street yang banyak direkomendasikan oleh backpacker asal Indonesia.

Untuk keluarga penting diketahui bahwa beberapa hotel dan hostel memiliki kebijakan jika membawa anak-anak. Jadi, pastikan hotel sudah bisa mencover anak-anak juga. Namun, untuk keluarga sebaiknya menyewa kamar privat di Hostel dengan harga lebih murah jika harga sewa hotel dirasa cukup mahal. Cari hotel murah di Singapura memang butuh kejelian dan kesabaran.

5. Pilih Maskapai Penerbangan Murah

Nah, ini yang perlu kamu siasati lebih awal. Banyak backpacker yang berburu tiket promo satu tahun sebelumnya. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga normal. Rata-rata jika beruntung kamu bisa mendapatkan tiket murah Rp 500 untuk PP Jakarta-Singapura. Atau alternatif lain kamu bisa menggunakan promo tiket pesawat dari Reservasi.com.

Simulasi estimasi biaya:

  • Tiket Pesawat PP Rp 500rb
  • Hotel Rp 500rb
  • Ez Link Rp 200 rb
  • Makan Rp 200 rb
  • Lain-lain Rp100 rb

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *