close

5 Tempat Wisata Alam di Pagaralam

air-terjun-maung

Travel Blog Reservasi – Palembang sangat dikenal dengan kuliner pempeknya yang menguga selera. Selain dikenal dengan kuliner yang nikmat, Palembang juga punya ikon Jembatan Ampera yang melintasi sungai Musi, Palembang. Bahkan salah satu kuliner Pindang Musi Rawas merupakan sajian yang wajib dicoba saat ke Palembang.

Jika kalian adalah petualang yang lebih suka dengan pemandangan alam, bermain di alam liar dengan menikmati kesejukan udara hutan dan membasuh wajah dengan beningnya sungai di hutan tidak ada salahnya kalian mengunjungi 5 tempat wisata alam di Palembang yang dijamin akan memberikan pengalaman wisata baru.

Baca juga Surga dari Bumi Sriwijaya

1 . Gunung Dempo

Picture by: senapati.net
Picture by: senapati.net

Gunung Dempo memiliki pesona seperti kebun teh Ciwidey, Bandung. Tak heran jika Gunung Dempo selalu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan asal Sumatera Selatan. Terletak di Pagaralam yang berbatasan dengan Bengkulu dan Sumsel, Gunung Dempo dapat ditempuh dari Palembang selama 7 jam perjalanan.

Gunung Dempo memiliki ketinggian sekitar 3159 mdpl, sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. Mulai dari tumbuhan perdu hingga daerah hutan yang memiliki aliran sungai dengan air yang jernih. Tak heran jika banyak pendaki yang menjadikan Gunung Dempo sebagai tujuan pendakian mereka.

2 . Air Terjun Lematang Indah

air-terjun-lematang-indah

Salah satu air terjun yang paling terkenal di Kota Pagaralam adalah Air Terjun Lematang Indah. Posisinya tidak terlalu jauh dari gerbang masuk yang bedekatan dengan jalan raya. Tak perlu trekking cukup jauh, kalian sudah bisa menikmati keindahan alam di Air Terjun Lematang Indah.

Salah satu wahana yang juga harus kalian coba adalah fasilitas arung jeram dengan menggunakan bekas ban dalam kendaraan. Disamping tiket masuknya sangat terjangkau, Air Terjun Lematan Indah ini tidak terlalu jauh lokasinya dari Gunung Dempo Pagaralam.

3 . Air Terjun Bidadari

air-terjun-bidadari

Tak berbeda dengan Curug Bidadari Sentul, Kabupaten Lahat pun memiliki air terjun Bidadari yang tak kalah indah. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Pinang yang dapat ditempuh dengan mudah baik dari Palembang maupun dari Bengkulu.

Ketinggian Air Terjun Bidadari ini sekitar 30 meter dengan lebar 10 meter. Dari kejauhan air terjun ini bak sebuah Niagara mini.

 

4 . Air Terjun Maung

Keunikan Air Terjun Maung memiliki beberapa barisan air terjun yang indah karena berdampingan di sisi kanan dan sisi kirinya. Lokasinya memang sedikit tersembunyi. Dibutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk bisa ke Curup Maung Pagaralam ini.

Karena berada di tempat tersembunyi, kalian disarankan menyiapkan kondisi fisik untuk sedikit trekking. Perjalanan menuju Curup Maung pun tak kalah indah karena kalian akan melewati kebun kopi. Waktu terbaik untuk melakukan trekking adalah saat pagi hari. Jangan lupa membawa kompor portable untuk bisa menyeduh minuman hangat sambil menikmati air terjun menawan ini.

air-terjun-maung

5 . Hutan Punti Kayu Palembang

Hutan Pinus sangat populer mulai dari Bandung hingga Yogyakarta. Tak berbeda jauh dengan di Pulau Jawa, Hutan Punti Kayu ini juga memiliki koleksi flora Hutan Pinus yang lengkap dengan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Terdapat Akasia dan Mahoni yang menjadi koleksi Hutan Punti Kayu Palembang.

Sebagai paru-paru kota Palembang, Hutan Punti Kayu merupakan wilayah konservasi yang juga dijadikan sebagai tempat wisata bagi warga Palembang. Selain kaya akan Flora, Fauna yang bisa kalian temukan di Hutan Punti Kayu Palembang seperti Beruk, Tupai, Biawak hingga berbagai jenis serangga kerap dipelajari para pelajar.

hutan-pinus-dan-cotage
Dari berbagai sumber | featured image rentalmobilpalembang-acp.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Sumatera SelatanTempat Wisatawisata alam

Leave a Response