Unik, Ulat Sagu Ini Menjadi Makanan Khas Warga Papua Barat

5 Makanan Unik Khas Papua Barat Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Travel Destinations1.6K
5 Makanan Unik Khas Papua Barat Yang Mungkin Kamu Belum Tahu Picture by: inforesepmasakanindo

Travel Blog Reservasi – Mungkin sangat asing bagi kalian ketika mendengar nama Papua Barat. Kepulauan Papua Barat ini terletak disebelah barat pulau Papua. Sama halnya seperti Negara dan Kota lain, ternyata Papua Barat ini juga memiliki kekayaan dan banyaknya kuliner yang sangat khas dan unik. Mau tahu ada apa saja makanan unik khas Papua Barat ini yang mungkin kamu belum tahu? Mari kita simak bersama.

(Baca Juga Beningnya Danau Ayamaru Papua Bak Labuan)

1. Papeda

Papeda, Kuah Kuning, Ikan Tude Bakar
Picture by: indilicious

Makanan yang berbahan dasar tepung sagu ini berstruktur sangat lembut. Papeda diolah menyerupai bubur dan bewarna putih dengan tekstur seperti ketan dan lengket menyerupai lem dan memiliki rasa tawar. Tapi, jangan salah! Papeda bisa disulap menjadi makanan yang lezat karena biasanya warga Papua menyajikannya dengan ikan Tongkol atau Mubara yang dimasak dengan kuah kuning kunyit sehingga rasanya menjadi sangat sedap untuk disantap.

2. Martabak Sagu

Picture by: indilicious
Picture by: indilicious

Umumnya martabak menggunakan bahan utama tepung terigu dengan paduan cokelat, kacang ataupun telur bebek. Semakin banyak telurnya, harganya pun semakin mahal.

Namun kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

Martabak yang menjadi salah satu makanan Khas Papua Barat ini tentunya berbeda dengan Martabak pada umumnya. Martabak yang berasal dari kabupaten Fakfak ini terbuat dari sagu yang dihaluskan dan kemudian digoreng dan diberikan sedikit gula merah.

Tidak perlu diragukan untuk rasanya, tentunya manis dan memiliki rasa yang sangat unik. Tertarik untuk mencobanya?

3. Sate Ulat Sagu

Picture by: indokulinerkita.net
Picture by: indokulinerkita.net

Salah satu makanan khas papua barat yang memiliki keunikan lainnya adalah Sate Ulat Sagu. Jenis makanan yang satu ini mungkin akan membuat kita mual walaupun hanya melihat bentuknya saja, sate yang berbahan dasar dari ulat sagu ini sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua dan diolah terlebih dahulu. Sama halnya seperti sate lainnya, makanan ini dibakar diatas arang yang sudah dipanaskan.

4. Udang Selingkuh

edgartown-seafood-market-mvtimes
Picture by: mvtimes

Dari namanya saja sudah unik, udang selingkuh? Udang ini disebut sebagai udang selingkuh karena memiliki
capit seperti kepiting. Sebagian warga Papua Barat menganggap udang ini berselingkuh dengan kepiting, hehe. Tapi, kamu harus tahu kalau udang ini sangat populer di wilayah Wamena, Papua Barat lho!

5. Ikan Bakar Manokwari

Picture by: inforesepmasakanindo
Picture by: inforesepmasakanindo

Sesuai dengan namanya, makanan khas ini berasal dari wilayah Manokwari, Papua Barat. Jenis ikan yang biasa dihidangkan adalah ikan tongkol, buat kamu yang ingin mengunjungi Papua Barat jangan lupa menyicipi ikan
bakar Manokwari ini ya. Ikan ini dihidangkan dengan sajian yang pedas dan memiliki keunikan rasanya tersendiri. Yummy!

Baca Juga Yakin Bisa Tahan Godaan 7 Makanan Khas Indonesia Ini?

Gimana? Kamu tertarik untuk mencoba kelima makanan khas Papua Barat ini? Yuk! Langsung saja booking tiketnya dari sekarang, dan dapatkan tiket terbang murah ke Papua Barat.

Hai, pembaca setia Liputan6.com! Ada diskon khusus untuk terbang ekonomis ke mana pun dan kapan pun. Diskon Rp75.000 untuk tiket pesawat semua maskapai dan rute penerbangan. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *