5 Makanan Khas Solo yang Sayang untuk Dilewatkan

Travel Destinations7
5 Makanan Khas Solo yang Sayang untuk Dilewatkan

Travel Blog Reservasi – Buat kamu para pecinta kuliner, beruntunglah jika kamu sedang berada di Kota Solo. Tempat yang kaya akan makanan khasnya ini sangat lezat dan tentunya memiliki banyak sekali sajian makanan yang sangat menggoda dan menggugah selera kamu.

Selain rasanya yang lezat dan enak, harganyapun bisa terbilang murah. Kota Surakarta atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Solo ini merupakan salah satu tujuan wisata paling terpopuler di Pulau Jawa setelah Jogja.

Baca 17 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Cocok untuk Liburan Keluarga

Tidak hanya tempat wisata kulinernya saja yang sering diburu, tetapi banyak juga wisata bersejarah dan kebudayaan setempat yang sudah banyak didatangi oleh para wisatawan Mancanegara.

Namun, tetap saja jika kamu datang ke Solo jangan pernah melewatkan 5 makanan khas Solo ini. Nggak mau kan kamu menyesal hanya karena tidak mencicipi makanan khas berikut ini?

1. Nasi Liwet

Makanan khas solo
duniakulsum.blogspost.com

Jika kamu menginjakan kaki di Solo, tentunya kamu harus mencicipi makanan yang satu ini. Memang tampaknya sama seperti pada nasi lain pada umumnya, tetapi yang istimewa dari makanan ini adalah rasanya yang lezat dan akan memanjakan lidah kamu.

Biasanya para pedagang Nasi Liwet di Solo menjualnya mulai dari harga Rp8.000 untuk per-porsi. Nggak usah khawatir untuk memilih Nasi Liwet di Solo, karena hampir setiap penjual di sini memiliki cita rasa yang berbeda dan lezat semua kok!

Baca 34 Tempat Wisata Kuliner Solo yang Wajib Disambangi

2. Selat Solo

Makanan khas solo
sambalterasiasin.blogspot.com

Mungkin kamu akan asing jika mendengar namanya. Selat Solo juga merupakan makanan khas Solo yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang mengunjungi Kota Surakarta. Rasanya yang segar, lezat dan sehat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di sini.

Mungkin kamu akan rada aneh jika melihat bentuknya, disajikan dengan kuah yang menyerupai semur makanan ini berisi kentang goreng, buncis rebus, wortel iris rebus, potongan tomat yang segar, daun selada, acar timun dan ditambahkan sedikit irisan daging yang tipis untuk menambahkan kelezatan dari makanan khas yang satu ini. Tapi tenang saja karena makanan ini memiliki rasa yang sangat pas dengan lidah orang Indonesia.

Baca Hotel Bintang 4 di Solo, di Bawah Rp500 Ribu

3. Tengklek

Makanan khas solo
tosviral.blogspot.com

Makanan Khas Jawa Tengah yang berbahan utama dari daging kambing ini biasa disebut dengan Tengklek Kambing. Mungkin jika kamu melihat sekilas bentuk nya lebih mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya Tengklek ini sangat berbeda dari segi rasa.

Makanan ini lebih memiliki kuah yang encer dan penyajiannya pun juga unik, karena sang penjual menyatukan daging dan tulang dalam satu wadah. Penasaran rasanya seperti apa? Yuk, langsung saja kita buru Tengklek Solo ini.

Cek juga hotel murah di Solo supaya kamu bisa keliling wisata keliner semua makanan khas Solo paling favorit yang wajib kamu coba.

Baca 10 Tempat Wisata Jawa Tengah yang Harus Kalian Kunjungi

4. Timlo

Makanan khas solo
makananberatasliindonesia.blogspot.com

Makanan yang super enak ini merupakan salah satu sup yang paling sering diburu oleh para wisatawan jika sedang mengunjungi Kota Surakarta. Mungkin namanya terdengar asing di telinga kalian, tapi makanan yang disajikan selagi hangat ini memiliki rasa yang akan membuat kamu kangen untuk datang lagi ke Solo.

Disajikan dengan kembang tahu, telur dan daging ayam atau sapi ini sudah bisa kamu rasakan hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 saja, Lho!

Baca Cafe Tiga Tjeret, Angkringan Kekinian yang Bikin Betah Nongkrong

5. Wedangan

Makanan khas solo
qiesta.net

Kamu akan gampang dan menemukan banyak sekali Warung Wedangan jika sedang berada di Solo. Harganya pun sangat beragam, mulai dari Rp500 sampai Rp10.000 kamu sudah bisa mendapatkan makanan wedangan khas Solo yang enak dan lezat.

Biasanya di sini mereka menyajikan bermacam lauk pauk, mulai dari sate kikil, kerang, telur puyuh, ati ampela, tahu bacem dan lainnya. Sama halnya dengan Nasi Kucing di Jogja, Wedangan pun memiliki minuman ciri khasnya yang tidak boleh kamu lewatkan, seperti Jahe Kencur Jeruk, Teh Cangkir Blirik, sampai jahe gula Jawa semua pun lengkap disini. Gimana? tertarik untuk mencoba semuanya?

Nah, jika kamu sedang berwisata ke Solo jangan pernah lupa untuk mencicipi kelima makanan khas solo di atas ya! Selamat liburan dan berwisata kuliner! Cek juga tiket murah Jakarta Solo di Reservasi.com.

Baca artikel menarik lain tentang wisata di Jawa Tengah dari Reservasi.com 

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *