5 Makanan khas Lampung Paling Hits - Reservasi Travel Blog

5 Makanan khas Lampung Paling Hits

Travel Destinations26
5 Makanan khas Lampung Paling Hits illustrasi/shutterstock

Travel Blog Reservasi –  Lampung bukan hanya dikenal dengan pantainya yang indah dan Way Kambas dengan gajahnya saja tetapi juga ada banyak makanan khas Lampung yang patut kamu coba.

Baca 10 Tempat Wisata di Lampung dengan Pemandangan Alam Paling Eksotis

Makanan khas Lampung memang masih beririsan dengan makanan dari pulau Sumatera Misalnya saja seperti kuliner khas olahan dari buah durian yang sangat terkenal di Medan. Jadi jangan heran jika ada beberapa kuliner khas Lampung yang mirip mirip dengan kuliner dari kota di pulau Sumatera lainnya.

Berikut ini adalah makanan khas Lampung yang paling hits yang wajib kamu coba ketika kamu mengunjungi Kota Kain Tapis ini.

Gulai Taboh

Salah satu makanan khas Lampung yang wajib kamu coba adalah gulai taboh yang sangat populer disajikan di setiap rumah. Jangan membayangkan bahwa kuliner yang satu ini menggunakan bahan utama daging sapi atau daging kambing melainkan menggunakan bahan ikan.

Penggunaan bahan ikan bukan hanya menggunakan ikan laut saja tetapi juga ikan air tawar yang dicampur dengan santan, rebung, kacang panjang serta kacang-kacangan lain. Rasanya tentu saja harus gurih dan nikmat untuk dijadikan sebagai lauk makan siang

Seruit

Makanan khas Lampung yang satu ini juga masih berbahan dasar ikan yang sangat dikenal sebagai sajian istimewa pada saat acara-acara besar di Lampung. Seruit juga merupakan makanan yang sehari-hari dikonsumsi oleh warga Lampung. Yang menyajikan sajian ini menjadi sangat istimewa karena dipadukan dengan sambal khas Lampung seperti sambal tempoyak maupun sambal mangga.

Makanan khas Lampung ini tidak berbeda dengan makanan khas Betawi seperti pecak ikan dengan cita rasa yang asam pedas manis bercampur jadi satu dan sangat nikmat.

Umbu

Makanan khas Lampung yang satu ini mungkin kurang begitu disukai oleh generasi milenial karena menggunakan bahan dasar utama rotan seperti rebung bambu. Proses penyajiannya pun sangat sederhana yaitu dengan memilih rotan yang masih muda kemudian ditanak sampai dengan lunak.

Cara mengolahnya pun sangat sederhana bisa dijadikan sebagai tambahan sayur ditumis maupun dikonsumsi secara langsung seperti lalapan lainnya. Salah satu alasan yang menjadikan makanan khas Lampung yang satu ini cukup langka karena bahan rotan saat ini cukup langka dan juga memiliki harga yang cukup tinggi sehingga kuliner yang satu ini yang disajikan pada acara-acara besar tertentu saja

Gegadu

Kuliner yang satu ini merupakan sejenis makanan khas Lampung berupa camilan dengan bahan dasar pisang yang ditumbuk hingga halus. Kemudian adonan tersebut dicampur dengan tepung terigu dan ditambahkan agar lebih gurih yaitu susu dan selai kemudian proses lahirnya digoreng sampai dengan matang kekuningan.

Camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan teman sore bersantai di teras rumah sambil menikmati kopi atau teh.

Gabing

Bahan dasar makanan ini mungkin tidak pernah kamu bayangkan sama sekali sebelumnya karena bahan utamanya menggunakan batang kelapa yang masih muda. Kelapa termasuk salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat mulai dari akar sampai dengan ujung daunnya.

Ternyata batang pohon kelapa yang masih muda bisa diolah menjadi salah satu makanan khas Lampung yang mulai langka. Olahan makanan ini tidak berbeda dengan olahan seperti rotan yang masih muda ataupun rebung bambu yang diolah dengan cara ditumis ataupun disayur. Sebelum diolah, batang kelapanya direbus terlebih dahulu sampai lembut. Setelah itu bisa dicampur dengan pendamping lainnya sesuai dengan selera.

Itulah beberapa makanan khas Lampung yang wajib kamu coba. Meskipun ada lebih dari puluhan kuliner khas Lampung, setidaknya kamu bisa mencicipi satu atau dua makanan khas yang sudah mulai sulit ditemukan di pasar.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *