5 Makanan Berkuah dari Berbagai Daerah yang Menggoyang Lidah - Reservasi Travel Blog

5 Makanan Berkuah dari Berbagai Daerah yang Menggoyang Lidah

Travel Inspirations347
5 Makanan Berkuah dari Berbagai Daerah yang Menggoyang Lidah Illustrasi makanan berkuah (shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Makanan berkuah memang jadi sajian yang cocok untuk dinikmati saat musim hujan. Kombinasi bola daging dan kaldu hangat yang gurih bersatu dengan bumbu rempah-rempah seolah jadi surga dunia yang pas. Apalagi kalau kamu makan bersama orang terkasih.

Yuk! Kita cobain makanan berkuah dari berbagai daerah berikut ini.

Makanan berkuah dari berbagai daerah:

1. Bakso

Bakso memang jadi makanan berkuah yang paling enak dinikmati saat musim dingin.

Hangatnya kuah gurih dengan campuran mi dan bihun ditambah dengan daging bakso, serta potongan sawi menambah kenikmatan saat mencicipi kuliner yang satu ini.

Bakso punya berbagai macam varian. Berikut varian bakso tak biasa yang bisa membuat kamu lebih jatuh cinta dengan kuliner yang terkenal di Solo dan Malang ini.

A post shared by Jema (@give.me.good.food) on

Bakso Mangkuk

Sensasi makan bola daging bersama wadahnya bisa kamu rasakan saat makan bakso mangkuk.

Di Indonesia banyak kedai dan warung yang menjual bakso mangkuk. Salah satunya adalah Bakso Mangkok Bekasi yang berada di Perumahan Mutiara Gading Bekasi Timur Blok G no.21.

Bakso Batok Kelapa

Bakso Batok Kelapa ini memiliki kuah air kelapa muda. Air kelapa yang berpadu dengan bumbu bakso membuat kuliner ini memiliki rasa manis, gurih, segar dan nikmat.

Untuk warga Jakarta, kamu bisa mencicipi bakso batok kelapa di kedai Bakso Beno yang beralamat di Jl. Bintaro Utama Blok J3 No. 16, Sektor 1, Bintaro.

Harga semangkuk bakso ini kedai ini sekitar Rp30.000 sudah termasuk ice tea.

Bakso Kabut

Daging bakso di bakso kabut ini tak terlihat, tertutup dengan telur di bagian luarnya.

Salah satu penjual Bakso Kabut yang paling terkenal adalah Warung Juhairiyah di Jember yang berlokasi di Warung Juhairiyah berada di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember.

Harga semangkuk bakso kabut di Warung Juhairiyah terbilang murah yaitu sekitar Rp6.000 – Rp15.000 tergantung ukuran dan jenis baksonya.

Bakso Buaya Beranak

Dari namanya saja sudah unik “Bakso buaya beranak”. Bakso ini punya ukuran jumbo yaitu dengan berat bisa mencapai 1 kilogram.

Kamu bisa mencicipi makanan berkuah, bakso buaya beranak di Kedai Joko Kendil yang berlokasi di Jalan Raya Megu Cilik, Desa Bode Lor, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Baca juga ulasan detail tentang bakso unik:

2. Mi Celor

Meski tak memiliki kuah yang berlimpah, namun spageti ala Palembang ini sangat cocok menemani kamu di musim hujan yang dingin

Hidangan mi ini disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering). Toppingnya terdiri dari taoge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Enak deh pokoknya!

A post shared by Ehko (@eko_hartanto555) on

Salah satu kedai yang paling terkenal di Palembang adalah Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei Z, Palembang.

Kedai mi celor ini berlokasi di Jl. KHA Dahlan, No. 2, Pasar Ilir, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Seporsi mi celor harganya Rp15.000.

3. Lontong Kari

Saat sedang liburan ke Bandung dan butuh sarapan enak dan hangat, mampirlah ke Lontong Kari Kebun Karet yang berlokasi di Jalan Otto Iskandarniata.

A post shared by Willy Nuari (@willy_nuari) on

Lontong kari di sini sudah tersohor sejak tahun 1966, jadi soal rasa tak perlu diragukan lagi.

4. Soto Ayam Gading

Liburan ke Solo, rasanya kurang lengkap jika tak mampir ke makanan berkuah, Soto Ayam Gading.

Kuahnya yang segar dengan isi suwiran ayam serta berbagai lauk tambahan seperti telur puyuh, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan dan bakwan akan siap menyambut kamu.

A post shared by Jed Doble (@jed.doble) on

Soto Ayam Gading beralamat di Jl. Brigjen Sudiarto No. 75, Gading, Solo.

5. Orem-orem

Mungkin makanan berkuah yang satu ini masih aneh di telinga kamu. Orem-orem adalah makanan yang disajikan dengan ketupat tempe yang dipotong kecil-kecil dengan tambahan telur asi di atasnya.

Kuah kaldu yang menemani orem-orem ini menambah kenikmatan makanan khas Malang ini.

Jadi sudah siap untuk berburu kuliner khas nusantara? Kira-kira daerah mana yang akan lebih dahulu kamu sambangi? Kemanapun perginya kamu, jangan lupa dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *