Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat ke Singapura

Travel Tips581
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat ke Singapura shutterstock

Travel Blog Reservasi – Berlibur ke luar negeri tentunya selalu menjadi dambaan setiap orang. Tidak perlu jauh-jauh sampai menjelajah Eropa sana, untuk bisa menginjakan kaki di negara tetangga saja sudah cukup membuat kita bahagia. Tapi, berbicara tentang negara yang berada di Asia ini terutama Singapura merupakan salah satu negara yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, dan Indonesia salah satunya.

Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari negara kita, negara singa putih ini memiliki hal-hal yang sangat penting dan harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sana.

Jika kamu sudah membulatkan niat kamu untuk berkunjung ke negara tetangga ini, jangan lupa perhatikan terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan. Mungkin hal berikut ini akan sangat sepele, tapi sebaiknya kamu jangan meremehkan 5 hal penting yang harus diketahui sebelum berangkat ke Singapura.

1. Colokan Listrik / Steker

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura

Jika kita sedang berlibur, tentunya tidak akan pernah bisa jauh dari yang namanya elektronik. Pada saat kamu berlibur, pasti akan membawa banyak sekali perlengkapan elektronik seperti smartphone, powerbank, kamera, dan bahkan ada yang membawa laptop dan lainnya. Nah, sebelum kamu berangkat ke Singapura tidak ada salahnya jika mencari tahu terlebih dahulu tentang colokan listrik yang berada di sana.

Kalau di Indonesia biasa kamu menemukan colokan listrik standar yang memiliki 2 lubang, beda halnya dengan Singapura. Standard di Singapura adalah colokan untuk kaki 3 yang berbentuk kotak-kotak. Untuk mengantisipasi kamu dalam mengisi daya nanti, bawalah colokan kaki tiga atau adaptor dari kota asal kamu nanti. Karena jika kamu membeli di Singapura tentu harganya akan lumayan mahal.

2. Mengisi Kartu Imigrasi

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura
Sumber foto: travelsingapura.com

Hal yang kedua ini selalu menjadi syarat wajib untuk bisa berkunjung ke luar negeri. Jika kamu ingin berlibur ke Singapura dengan menggunakan pesawat terbang, jangan lupa untuk mengambil form kartu imigrasi atau kamu bisa meminta pada pramugari atau pramugara yang berada di dalam pesawat.

Isi kartu imigrasi kamu dengan lengkap di setiap kolom yang tertera dan kamu juga wajib mengisi dimana tempat kamu akan tinggal nanti. Jangan pernah menyepelekan hal ini! Kalau kamu sudah mengisi semua secara lengkap, pastikan kartu kamu tidak hilang atau tertinggal di dalam pesawat.

Karena, bisa-bisa kamu tidak diberikan izin untuk bisa menginjakan kaki di Singapura oleh para petugas imigrasi yang berada di bandara nanti. Kartu imigrasi ini juga yang menjadi salah satu syarat kamu untuk bisa check in di Hotel nanti.

3. Membeli Ez Link atau Tourist Pass

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura
Sumber gambar: todayonline.com

Jika kamu sudah tiba di Singapura, sebaiknya kamu membeli Ez-Link atau Singapore Tourist Pass. Kamu bisa mendapatkannya di MRT Station yang berada di Changi Airport. Sama halnya dengan e-money yang berada di Indonesia, kartu ini juga bisa kamu gunakan ketika naik transportasi umum seperti MRT, LRT ataupun Bus dengan cara menempelkannya pada tempat yang telah tersedia.

Selain itu dengan membeli Ez-Link atau Singapore Tourist Pass juga lebih menghemat biaya kamu, dari pada kamu harus naik Taxi.

(Baca Juga Rekomendasi 3 Tempat Belanja Murah di Singapura)

4. Menggunakan Eskalator

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura

Tidak bisa sembarangan untuk menggunakan Eskalator di negara singa putih ini, terutama jika kamu sedang berada di stasiun MRT ataupun di Bandara. Hal ini memang terbilang cukup unik di Singapura, jika kamu sedang terburu-buru jangan pernah menggunakan eskalator di sebelah kiri.

Karena jika kamu sedang terlambat, sebaiknya menggunakan eskalator di sisi kanan, ruang sisi kanan ini memang sengaja disediakan untuk para warga Singapura atau wisatawan yang sedang terburu-buru dan kamu sangat diperbolehkan untuk berlari-lari tanpa mengganggu orang lain. Sebenarnya tidak perlu tergesa-gesa karena MRT di Singapura ini akan lewat setiap lima menit sekali.

5. Menyebrang Jalan

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat Ke Singapura

Wah, jangan harap kamu bisa menyebrang sembarangan di Singapura. Jika kamu ingin menyebrang di negara ini, sebaiknya kamu harus mematuhi dan mengetahui terlebih dahulu peraturannya.

Di setiap lampu merah yang berada di Singapura ini memiliki tombol yang bisa kamu tekan jika ingin menyebrang. Dan pastikan kamu selalu menyebrang di zebra cross yang telah tersedia. Alternatif lain untuk menyebrang di negara tetangga kita ini, kamu bisa menggunakan jembatan penyebrangan yang telah tersedia.

Jangan pernah sesekali melanggar ya, karena kamu akan dikenakan denda jika menyebrang sembarangan di Singapura.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *