close

5 Pasar Apung Terpopuler di Bangkok

Thailand Floating Market

Travel Blog Reservasi – Kearifan lokal yang ada di Indonesia memang tidak jauh berbeda dengan negara-negara tetangga. Salah satu contohnya adalah pasar apung atau floating market di Bangkok. Kearifan lokal ini justru menjadi destinasi wisata yang menarik dan unik. Karena tidak semua negara memiliki floating market. Sebuah floating market bisa menjadi destinasi wisata yang unik karena wisatawan bisa belajar berinteraksi dengan warga lokal dan kehidupan asli warga lokal. Interaksi langsung dengan warga lokal inilah yang memberikan pengalaman berkesan bagi para wisatawan asing.

Setiap orang di Thailand sangat hobi nongkrong di floating market. Bukan hanya wisatawan asing saja yang suka berbelanja di floating market. Bahkan warga lokal pun suka sekali bergerombol dan berkelompok makan bersama di sekitar floating market meskipun tidak ada acara yang khusus. Floating market memiliki sejarah yang sangat panjang di Thailand. Dan yang utama, Anda bisa mendapatkan beragam jenis kuliner khas Thailand di floating market.

Nah, jika Anda berkesempatan ke Bangkok, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke 5 floating market paling populer di Bangkok. Disinilah para wisatawan bisa merasakan berbelanja buah dan sayuran segar, menikmati sensasi minum kelapa muda di atas perahu atau menunggu kuliner khas Thailand yang dimasak langsung di atas perahu yang disulap menjadi sebuah warung penjaja makanan.

Jika Anda tertarik dengan destinasi wisata pasar apung di Thailand, Anda bisa mencari tiket pesawat murah menuju Bangkok Thailand di situs Reservasi.com.

1. Khlong Lat Mayom Floating Market

Floating market ini menjadi salah satu dari tiga floating market yang lokasinya paling dekat dengan Bangkok. Kira-kira jaraknya sekitar 20 kilometer dari kota dan dapat ditempuh menggunakan taksi dari Wongwian Yai. Khlong Lat Mayom memberikan sambutan yang hangat bagi para wisatawan untuk merasakan floating market yang masih autentik di Thailand, bisa jadi Anda adalah salah satu wisatawan asing yang berada disana. Tidak jauh dari Khlong Lat Mayom, beberapa kilometer saja Anda bisa mencapai Taling Chan floating market.

Ya, cobalah untuk tidak berada dalam zona nyaman. Cobalah beberapa makanan yang mungkin menurut Anda aneh. Jika bingung mau pesan apa, tunjuk saja apa yang dimakan oleh orang-orang disekeliling Anda. Lihat raut wajahnya, jika menunjukkan kebahagiaan, pastilah apa yang dimakannya sangat enak. Untuk setiap satu porsi makanan biasanya dijual dengan kisaran harga antara 20 sampai dengan 30 bath, atau sekitar 8.000 rupiah sampai dengan 11.000 rupiah, sangat murah bukan? Beberapa makan yang dijajakan seperti noodle soups, Pad Thai, Kanom Jeen, Hoi Tod semacam tiram yang dibuat dalam bentuk telur dadar.

2. Damnoen Saduak Floating Market

Damnoen Saduak adalah salah satu floating market yang terkenal juga di Bangkok. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk mengambil gambar, selfie dan mengeksplorasi lebih banyak tentang floating market. Ya, Damnoen Saduak biasanya sangat ramai karena menjadi destinasi floating market paling dikenal. Agar lebih nyaman, datanglah pagi hari saat belum banyak yang berkunjung kesini.

3. Amphawa Floating Market

Amphawa adalah floating market terpopuler kedua di Bangkok. Memang Amphawa Floating Market tidak seluas Damnoen Saduak, namun Anda bisa merasakan bahwa floating market ini lebih autentik lagi karena memang sebagian besar pengunjungnya adalah warga lokal asli Thailand. Berbeda dengan Damnoen Saduak yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan asing.

Yang menjadikan Amphawa Floating Market adalah cita rasa kuliner yang disajikan di atas perahu-perahu penjaja makanan yang berbeda. Hampir semua makanan berupa seafood disajikan dengan cara dipanggang. Hmmm…. baunya saja sudah pasti akan membuat Anda sangat berselera untuk menyantapnya.

Seafood yang dijajakan mulai dari udang bakar, kerang-kerangan hingga cumi-cumi pun ada. Para penjaja kuliner Amphawa Floating Market ini melayani pengunjung dari siang hari sampai malam hari dengan cara menyandarkan perahu-perahunya di sisi-sisi sungai. Para pengunjung bisa memesannya kuliner favoritnya tanpa harus turun ke perahu. Sudah tersedia meja-meja dan kursi kecil yang disediakan para penjaja kuliner Amphawa Floating Market. Harga kuliner seafood disini memang sangat tergantung beratnya, misalnya saja untuk lima ekor udang besar biasanya dijual dengan harga 300 bath atau sekitar 114 ribu rupiah.

4. Bang Khu Wiang Floating Market

Bang Khu Wiang Floating Market memiliki ciri khas dibandingkan dengan floating market lainnya di Thailand. Selain masih sangat tradisional yang juga menjaga kearifan lokal, biasanya setiap pagi hari selalu keluar beberapa biksu untuk berkeliling pasar, sehingga para pedagang dan penduduk lokal dapat berdana pada para biksu.

Selain itu Bang Khu Wiang Floating Market menjajakan berbagai macam produk pertanian yang sangat segar. Untuk bisa datang kesini kalian bisa menggunakan taksi atau tuk tuk dari Chang Pier, Bangkok. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda Anda bisa menggunakan perahu yang sudah menjadi alat transportasi umum juga di sungai-sungai Thailand.

Tidak terlalu lama untuk menuju ke Bang Kruai dengan menggunakan perahu dari Wat Chalo Pier yang membutuhkan waktu selama 45 menit. Sensasinya Anda bisa menikmati pemandangan khas pesisir sungai sepanjang perjalanan.

5. Bang Nam Pheung Floating Market

Bang Nam Pheung Floating Market bisa saja dikategorikan sebagai floating market. Tetapi, warga lokal disana justru lebih sering menamai pasar ini sebagai riverside market. Ya, alasannya karena memang tidak terlalu banyak perahu yang ditambatkan di sungai, bahkan beberapa warung permanen justru yang lebih banyak digunakan untuk menjajakan makanan di pinggir sungai.

Popularitas Damnoen Saduak Floating Market memang menjadi berkah bagi beberapa kampung yang berada di pinggir sungai di sekitar Bangkok. Inilah yang sedang meningkat dengan hadirnya beberapa floating market di beberapa tempat. Salah satunya adalah Bang Nam Pheung Floating Market ini. Meskipun jaraknya sangat dekat dengan bagian timur Bangkok, namun tidak serta merta floating market ini mudah untuk dijangkau. Anda memerlukan transportasi khusus jika ingin datang kesini. Jarak yang dekat menjadikan setiap orang dapat dengan mudah kesini untuk kabur sejenak dari penatnya kesibukan dan keramaian kota.

 

Manfaatkan promo tiket pesawat di Reservasi.com untuk mendapatkan potongan harga hingga Rp 75.000 tanpa syarat. Gunakan kode promo LIPFLIGHT75 saat melakukan pembayaran.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BangkokThailand

Leave a Response