close

5 Fakta Mencengangkan Tentang Gunung Manglayang yang Perlu Diketahui Oleh Wisatawan

Gunung Manglayang
Pemandangan di Gunung Manglayang (tarunafadillah.com)

Travel Blog Reservasi – Para pecinta alam, terutama buat kamu yang suka mendaki gunung, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu fakta menarik dari Gunung Manglayang yang berada di Jawa Barat ini.

Merupakan salah satu gunung yang terletak di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung ini memiliki ketinggian kurang lebih 1818 mdpl.

Gunung Manglayang
Trekking menuju Gunung Manglayang (jalanjalanyuk.com)

Belum banyak yang tahu tentang keberadaan dari Gunung Manglayang ini, walaupun anak pecinta alam sekalipun. Gunung yang memiliki tipe Stratovolcano ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan menawan. Mungkin karena puncak gunung ini tidak terlalu tinggi, sehingga kurang banyak dilirik oleh para pendaki.

Tapi, sebelum memutuskan mendaki gunung ini, kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu 5 fakta menarik dibalik Gunung Manglayang yang perlu kamu ketahui. Mari disimak bersama!

1. Gunung Terindah di Bandung, Jawa Barat

Gunung Manglayang
Gunung Manglayang (infobdgdotcom)

Memang bukan yang pertama dan satu-satunya gunung yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Namun walaupun Gunung  ini belum banyak diketahui oleh para pendaki, fakta menarik yang perlu diketahui oleh pendaki pemula.

Dalam deretan gunung-gunung yang berada di Bandung, antara lain Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Bukit Tunggul, dan Gunung Manglayang, tempat wisata inilah yang menjadi gunung paling indah dengan pemandangan ciamik yang wajib dinikmati oleh para wisatawan. Gunung yang bertipe Stratovolcano ini memang benar-benar menyimpan sejuta pesona alam yang sangat sayang jika terlewatkan. Selain yang paling indah, Gunung yang satu ini juga merupakan  paling rendah dari keempat yang sudah disebutkan tadi.

2. Belum Diketahui oleh Banyak Pendaki

Gunung Manglayang
Gunung Manglayang (instagram @owlcturnal)

Dari kalangan anak pecinta alam sekalipun, nyatanya hanya sebagian kecil yang mengetahui keberadaan dari Gunung Manglayang ini. Letaknya yang terbilang cukup strategis karena sangat dekat dengan Kampus Unpad yang berada di Jatinangor.

Akses dan jalurnya yang masih mudah untuk ditempuh ini masih lumayan sepi lho. Tempat ini sepertinya sangat asyik sekali untuk kamu jadikan untuk berkemping maupun berkemah di alam terbuka. Hmm, menyatu dengan alam sekali bukan?

Tapi, kamu harus tetap berhati-hati. Karena rute dan perjalanan untuk bisa sampai ke atas Gunung Manglayang terbilang cukup terjal dan lumayan curam.

3. Tidak Ada Pos Pendaki di Tempat Ini

Gunung Manglayang
Hammock di Gunung Manglayang (indrianiutamimytrip.blogspot.co.id)

Sebelum memilih untuk mendaki Gunung  yang berada di, sebaiknya kamu juga harus tahu terlebih dahulu. Kalau di atas puncak ini sama sekali tidak tersedia pos resmi maupun tempat beristirahat untuk para pendaki.

Kalau biasanya beberapa gunung-gunung di Indonesia ini menyediakan pos resmi untuk beristirahat sejenak, namum kenyataan berbalik di tempat ini. Jadi, sebelum kamu mendaki Gunung Manglayang sebaiknya mempersiapkan perlengkapan kamu dengan sangat matang, dan jangan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan nantinya ya.

Selain tidak ada pos resmi bagi para pendaki, di tempat ini juga sama sekali tidak ada sumber air lho. Jadi, buat para pecinta alam maupun para wisatawan yang hendak mendaki, kamu sudah tahu betul dong harus apa? Jangan lupa membawa botol dan air mineral.

4. Puncak Gunung Yang Memiliki Pemandangan Ciamik

Gunung Manglayang
Pemandangan di Gunung Manglayang (tarunafadillah.com)

Puncak Gunung  yang dikelilingi oleh banyak pepohonan ini menjadikan tempat wisata ini semakin sejuk dan asri sekali udaranya.

Kamu dapat merasakan udara segar jika berada di sini. Buat kamu yang mau membuat tenda dan kemping, tempat ini memang pilihan yang tepat banget. Selain kemping, hammock juga oke sepertinya.

5. Ada Makam di Puncak Gunung Manglayang?

Gunung Manglayang
Makam Keramat di Gunung Manglayang (jalan2mendotcom)

Jangan kaget jika sudah sampai atas puncak nanti. Terdengar sedikit seram sih, tapi ini juga merupakan salah satu fakta yang perlu kamu ketahui.

Di atas puncak gunung terdapat satu makam yang konon terbilang keramat oleh warga sekitar. Walaupun demikian, tempat ini sama sekali tidak menyeramkan lho.

Para wisatawan, maupun pendaki gunung harus berhati-hati dan menjaga semua perkataannya selama berada di atas Gunung dan dilarang melakukan hal yang aneh-aneh, apalagi sampai merusak tempat alam.

Kalau para pendaki gunung, pastinya sudah paham betul dengan peraturan naik gunung yang wajib dipatuhi. Gimana, masih berani mendaki Puncak Gunung Manglayang?

Tags : BandungGunungGunung Indonesiapendaki gunung

3 Comments

  1. Kalau gak salah,sebetulnya manglayang belum termasuk gunung.
    Manglayang masih masuk kategori bukit.
    Hanya saja diantara perbukitan mungkin Manglayang sudah masuk kategori bukit terjal.

Leave a Response