5 Cara Usir Kantuk saat Mengemudi Kendaraan - Reservasi Travel Blog

5 Cara Usir Kantuk saat Mengemudi Kendaraan

Travel Tips73
5 Cara Usir Kantuk saat Mengemudi Kendaraan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Berkendara dalam kondisi mengantuk jelas sangat berbahaya. Dalam kondisi demikian pengemudi seharusnya sadar untuk tidak membahayakan para penumpang. Namun, ada beberapa cara usir kantuk saat mengemudi kendaraan yang bisa dilakukan sementara waktu sebelum menemukan rest area.

Baca Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Tanpa Pembersih

Sebelum membahas tentang tips usir kantuk saat mengemudi kendaraan yang harus dipahami adalah tidak ada obat paling mujarab untuk melawan rasa kantuk selain tidur. Hanya dengan istirahat dan tidur sesaat bisa mengembalikan kebugaran tubuh sehingga siap mengemudi kembali untuk menempuh perjalanan mudik lebaran.

Berikut ini merupakan cara usir kantuk saat mengemudi kendaraan yang berhasil dihimpun oleh reservasi.com dari berbagai sumber.

Mencuci muka

Salah satu cara tradisional yang paling ampuh untuk mengusir kantuk saat mengemudi adalah dengan mencuci muka.

Kamu bisa menggunakan air minum untuk membasuh muka agar muka tetap segar dan bisa berkonsentrasi untuk mengemudi.

Dengan membasuh muka biasanya konsentrasi sedikit meningkat. Namun cara ini tidak bisa dilakukan terus-menerus. Pengemudi harus memahami batasnya Kapan harus benar-benar berhenti dan beristirahat.

Ngobrol dengan penumpang

Meskipun alasan ini merupakan salah satu yang dilarang ketika berkendara dengan menggunakan kendaraan umum namun justru cukup efektif untuk menghilangkan kantuk bagi para pengemudi.

Mereka biasanya membutuhkan teman yang bisa tetap terjaga dan mengingatkan kondisi jalan.

Yang paling bahaya adalah ketika semua penumpang tertidur sementara pengemudi ditinggalkan sendiri untuk melakukan pekerjaannya.

Kondisi demikian sebetulnya kurang mendukung pengemudi karena ia bisa tertular penyakit kantuk dengan melihat penumpang lainnya tertidur pulas

Ngemil

Tentu saja cara ini tidak bisa dilakukan jika dalam kondisi berpuasa. Namun ada keringanan bagi mereka yang memang hendak berbuka puasa ketika dalam kondisi melakukan perjalanan jauh.

Pengemudi bisa makan camilan atau makanan ringan untuk menghilangkan kantuk. Beberapa orang bahkan sengaja membeli permen karet atau permen kopi lainnya untuk membantu mereka agar tetap terjaga selama mengemudi.

Olahraga ringan sebelum mengemudi

Seseorang mengalami rasa kantuk biasanya disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen pada otak.

Agar pasokan Oksigen yang didapatkan cukup maka pengemudi sebaiknya mengkondisikan tubuhnya agar siap melakukan perjalanan panjang.

Caranya adalah dengan berolahraga minimal 1 minggu sebelum keberangkatan. Olahraga bisa dilakukan sebelum berbuka puasa atau setelah sahur dengan peregangan ringan di luar ruangan.

tanda kelelahan saat mengemudi
shutterstock

Mendengarkan musik

Beberapa cara usir kantuk saat mengemudi kendaraan memang cukup lumrah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Cara lain untuk mengusir kantuk saat mengemudi adalah dengan mendengarkan musik yang energik.

Tentu saja pengemudi bisa memutar lagu-lagu lewat radio atau melalui pemutar streaming secara online.

Lirik lagu-lagu yang memiliki irama cepat sehingga pengemudi bisa tetap terjaga. Hindari lagu mellow atau lagu yang memiliki irama dengan tempo yang lambat.

Alih-alih bisa terjaga dan berkonsentrasi saat mengemudi, justru lagu yang lembut akan memengaruhi pengemudi sehingga semakin mengantuk dan ingin segera beristirahat.

Itulah beberapa cara usir kantuk saat mengemudi kendaraan yang bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Mengatur jadwal beristirahat selama mengemudi kendaraan juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mengusir rasa kantuk.

Atur jadwal istirahat saat mengemudi minimal 3 jam Setelah berkendara atau setelah menempuh jarak 100 km.

Ketika volume kendaraan meningkat saat mudik lebaran sebaiknya tidak terlalu terburu-buru untuk pulang kampung. Yang paling penting ketika berkendara adalah tetap terjaga, konsentrasi, dan menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *