close

4 Tips Mendapatkan Penginapan Gratis Selama Traveling

shutterstock

Travel Blog Reservasi– Dua hal penting yang membutuhkan dana paling banyak saat merencanakan traveling adalah  tiket perjalanan dan akomodasi. Nggak mungkin kan kamu melewatkan salah satu dari keduanya. Ada banyak cara lho yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghemat bujet liburanmu. Salah satunya adalah mencari tempat penginapan gratis.

Dirangkum dari smartertravel.com, Senin (22/05/2017) berikut ini tips mendapatkan penginapan gratis selama traveling yang bisa kamu tiru!

Coachsurfing

ilustrasi couchsurfing (shutterstock)

Untuk yang hobi traveling tentu familiar dengan istilah coachsurfing. Coachsurfing merupakan situs online yang menghubungkan para traveler dengan menawarkan free hospitality atau tumpangan tempat tinggal.

Para host atau orang yang memberikan tumpangan ini biasanya menyediakan sofa, matras, atau tempat tidur untuk menginap. Selain punya kesempatan untuk bisa menginap dengan biaya cuma cuma atau bahkan gratis, keuntungan lain menggunakan coachsurfing saat traveling ke luar negeri adalah bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal yang menjadi host dan mendapatkan teman baru dari mancanegara.

Home Exchange

Penginapan Gratis
ilustrasi Home Exchange (shutterstock)

Home exchange alias bertukar rumah jadi salah satu alternatif yang sudah dilakukan oleh traveler dunia untuk mendapatkan penginapan gratis. Tak perlu membayar sewa kamar, kamu hanya perlu bertukar rumah dengan traveler lain  sementara waktu selama liburan.

Ijab kabul untuk bisa bertukar tempat tinggal ini tentu saja harus melalui prosedur tertentu. Biasanya traveler mengunjungi situs Home Exchange untuk memberikan informasi tentang rumah mereka. Mulai dari tipe rumah, fasilitas, tempat wisata terdekat, dan masih banyak lagi.

Menumpang Teman atau Saudara

Ilustrasi (shutterstock.com)

Kalau sekiranya ada teman atau kerabat kamu yang tinggal di sekitar kota tujuan liburan, tak perlu segan menghubungi mereka untuk meminta tumpangan. Mereka pasti akan menyambut kamu dengan baik. Apalagi kalau kalian memang jarang bertemu.

Walau dapat fasilitas penginapan gratis, bukan berarti kamu bisa berlaku semaunya ya. Jangan lupa membawa bingkisan untuk mereka yang sudah memberikan tumpangan sebagai ungkapan terima kasih dari kamu.

Daftarkan Diri Jadi Pengasuh

Ilustrasi pengasuh hewan peliharaan (shutterstock)

Untuk yang satu ini memang kurang populer di Indonesia. Tapi, di luar negeri menjadi seorang pengasuh bayi atau hewan peliharaan bisa jadi alternatif untuk traveler mendapatkan penginapan gratis.

Beberapa situs terkenal seperti Trusted Houssitter atau Mind My House bisa kamu buka untuk mencari lowongan pengasuh. Selagi tuan rumah pergi, kamu bisa menjalankan tugas-tugas yang mereka berikan seperti merawat anak, mengajak anjing mereka berjalan-jalan, dan lain sebagainya. Sebagai bayarannya, kamu diberikan fasilitas menginap bahkan makan gratis di sana selama beberapa hari.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan kok untuk menghemat bujet traveling. Bisa dengan membeli tiket pesawat atau booking hotel melalui Reservasi.com. Manfaatkan promo jalan-jalan seru yang ada di sana untuk dapatkan diskon hingga Rp 1 juta setiap harinya.

Baca artikel lain tentang Liburan, Luar Negeri dan Traveling

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : PenginapanTipsTips Traveling

Leave a Response