close

4 Inspirasi Oleh-oleh Unik yang Belum Diketahui Banyak Orang

oleh-oleh unik
Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – “Oleh-olehnya jangan lupa, yaa!” Rasanya hampir selalu mendengar kalimat tersebut setiap kali kita memberi kabar akan melakukan traveling.

Percayalah, ungkapan itu hanya basa-basi belaka. Ya, meskipun terkadang ada juga yang menginginkan oleh-oleh dalam artian sebenarnya.

Kalau memang orangnya kamu kenal baik, pasti dibelikan. Lain cerita kalau tidak kenal-kenal amat. Baiknya diberikan senyuman saja.

Nah, bicara tentang oleh-oleh tentunya ingin sesuatu yang berkesan dan lain daripada yang lain. Apalagi di zaman serba anti-mainstream seperti sekarang kan. Terlebih lagi kalau untuk urusan oleh-oleh buat pasangan. Tidak perlu ditanya, karena itu akan jadi prioritas nomor wahid.

Ada kalanya kita sudah berdiri di dalam toko oleh-oleh dan bingung mau membeli apa saking banyak pilihannya. Kalau gantungan kunci, sudah biasa banget. Tempelan kulkas berdesain khas destinasi yang sedang kamu kunjungi masih okelah.

Kalau beli makanan khas sana, takut tidak tahan lama sampai rumah dan takut pada ngga doyan. Pertimbangan seperti itu yang biasanya muncul dan membuat bayangan buruk kalau oleh-oleh kita tidak terpakai atau bahkan terbuang sia-sia.

Sebenarnya, ada lho cara agar berbagai hal seperti itu bisa kita hindari. Berikut ini ada empat inspirasi oleh-oleh unik yang mungkin belum sempat terpikirkan oleh kamu. Amati, tiru, dan modifikasi, yuk!

1. Pasir dari dasar laut

oleh-oleh unik
Shutterstock

Ini akan jadi oleh-oleh yang sangat berkesan, apalagi bagi mereka yang menggilai laut dan pantai. Namun, kamu harus ingat untuk tidak merusak lingkungan di sekitar dasar laut.

Cukup ambil pasir sekitar dua sendok makan lalu masukkan ke dalam botol kaca, kamu juga bisa menambahkan aksen cantik dengan kulit kerang atau serpihan batu koral yang banyak tersebar di pantai.

Akan lebih manis kalau ditambahkan secarik kertas yang berisi tulisan tentang deskripsi pantai dekat lokasi kamu mengambil pasir tersebut.

2. Sekumpulan foto polaroid

oleh-oleh unik
Shutterstock

Untuk oleh-oleh yang satu ini memang kamu harus merogoh kocek cukup dalam. Namun, oleh-oleh foto ini akan amat sangat berkesan dan menggambarkan destinasi yang sudah kamu sambangi secara lebih real.

Apalagi, sekumpulan foto polaroid ini sangat anti-mainstream dan bisa jadi pajangan yang keren spesial bagi mereka yang suka dengan dunia fotografi.

Akan lebih orisinil lagi kalau saat kamu menjepret foto, ada suatu momen yang tidak sengaja tertangkap kamera dan menggambarkan serunya perjalanan kamu selama traveling.

3. Rekaman video para musisi jalanan dari berbagai sudut kota

 

Kalau kamu berkesempatan traveling ke kota-kota di Eropa, kamu akan dengan mudah menemukan beberapa musisi jalanan yang penampilannya tidak kalah dengan musisi yang sedang naik daun di ibukota.

Percayalah, ini akan menjadi oleh-oleh yang sangat epik. Bagaimana tidak? Musisi jalanan di luar negeri biasanya memberikan pertunjukan yang ngga tanggung-tanggung.

Apalagi kalau mereka tampil di depan bangunan tua dengan ukiran khasnya, atau bisa juga di pinggir jembatan dengan pemandangan latar belakang sungai yang mengalir indah. Ya ampun, siapa pun pasti akan tersenyum lebar ketika diberikan oleh-oleh unik seperti ini.

Rekaman video musisi jalanan yang kamu kumpulkan bisa juga kamu kompilasi dan bahkan bisa juga ditambahkan catatan di kertas bertulisan tangan di beberapa frame video.

4. Mata uang dari negara destinasi kamu

oleh-oleh unik
Shutterstock

Memang kedengaran mahal, ya. Namun, kamu bisa saja memberi pecahan yang paling kecil, asal bentuk dan warnanya unik.

Atau kalau memang niat, kamu bisa mencari mata uang daerah tersebut tempo dulu. Bisa dicari di toko klasik yang menjual beragam barang antik. Oleh-oleh unik ini akan sangat berkesan bagi mereka yang hobi mengumpulkan barang-barang klasik nan vintage, lho.

Jadi, sudah mau menentukan mau memberikan oleh-oleh apa?

Baca juga Travel Tips bermanfaat lainnya!

Tags : oleh-olehTips Traveling

Leave a Response