3 Langkah Mendapatkan Foto Terbaik dengan Kamera Smartphone - Reservasi Travel Blog

3 Langkah Mendapatkan Foto Terbaik dengan Kamera Smartphone

Travel Tips136
3 Langkah Mendapatkan Foto Terbaik dengan Kamera Smartphone Photo by Johannes Plenio from Pexels

Travel Blog Reservasi – Ada banyak cara untuk mendapatkan foto terbaik dengan kamera smartphone. Saat ini sudah cukup banyak kamera smartphone yang kemampuannya hampir setara dengan kamera DSLR maupun kamera mirrorless, apalagi belakangan tren kamera ganda bahkan sudah ada produk yang meluncurkan tiga kamera sekaligus dalam satu smartphone.

Itulah sebabnya saat ini untuk mendapatkan foto terbaik tidak mutlak membutuhkan alat-alat yang mahal, cukup dengan menggunakan kamera smartphone dan keterampilan yang mumpuni.

Baca 4 Tips Memilih Kamera Untuk Travelling

Ada beberapa rahasia bagaimana caranya mendapatkan foto terbaik hanya dengan menggunakan kamera smartphone. Berikut ini adalah tips mendapatkan foto terbaik dengan kamera smartphone seperti yang dihimpun oleh Reservasi.com.

Pahami pengaturan manual dengan baik

Seperti halnya menu dan juga fitur pada kamera DSLR dan kamera mirrorless, terdapat settingan auto dan juga settingan manual. Bagi orang yang awam dan malas untuk belajar biasanya hanya menggunakan settingan auto, padahal jika bisa memaksimalkan settingan manual, hasilnya justru akan lebih baik dibandingkan dengan jaringan auto.

Photo by Henry Marsh from Pexels

Oleh karena itu Jika kamu memiliki kamera banyaklah belajar dan mengasah keterampilan membidik gambar dengan menggunakan settingan manual dengan menggunakan kamera smartphone.

Pelajari beberapa komposisi dan juga aturan tentang iso dan juga aperture atau bukaan lensa. Beberapa kamera smartphone kini memiliki settingan yang hampir mirip dengan kamera profesional.

Dengan mengetahui beberapa pengaturan menu dalam smartphone kamu bisa mendapatkan foto terbaik yang bisa disandingkan dengan hasil dari kamera mirrorless sekalipun.

Saat ini foto terbaik bukan hanya ditentukan oleh kamera yang digunakan ataupun besarnya spesifikasi kamera tetapi juga dipengaruhi oleh siapa yang berada di balik kamera tersebut.

Oleh karena itu jika kamu memang memiliki smartphone yang cukup mumpuni untuk mendapatkan foto terbaik, sudah sewajarnya Jika kamu bisa mempelajarinya sehingga bisa memanfaatkan kamera smartphone dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pelajari dari mana arah cahaya datang

Salah satu hal yang membuat hasil foto kamera smartphone kurang bagus adalah penggunaan flash. Hindari menggunakan flash bawaan ketika menggunakan kamera smartphone.

Pelajari bagaimana kamera menangkap cahaya. Beberapa pengguna smartphone bahkan sudah banyak yang mampu menangkap gambar dengan teknik long exposure selama fiturnya mendukung.

Gunakan cahaya alami dan ketahui waktu-waktu terbaik untuk memotret terutama saat traveling di alam terbuka. Golden hours untuk memotret adalah pada pagi hari sebelum jam delapan pagi dan sore hari sebelum gelap.

Kamu juga perlu memahami bagaimana cara mengatur cahaya serta membedakan antara foto pada saat di dalam ruangan pun di luar ruangan.

Pada saat di dalam ruangan tentu saja kamu kadang-kadang membutuhkan pencahayaan buatan seperti lampu ruangan atau mencari cahaya alami yang dekat dengan jendela.

Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu tantangan tersendiri apalagi Jika kamu memiliki objek foto seperti makanan atau objek-objek lain yang membutuhkan pencahayaan yang cukup baik di dalam ruangan sekalipun.

Proses ini memang tidak mudah dan butuh latihan yang terus-menerus sehingga meningkatkan keterampilan kamu dan juga insting kamu ketika memotret dengan menggunakan kamera smartphone.

Photo by Mateusz Dach from Pexels

Gunakan sudut pandang yang menarik dan kreatif

Foto yang baik bukan hanya saja di nilai dari keindahan nya saja tetapi juga dari sudut pandang yang kreatif. Untuk mendapatkan sudut pandang yang menarik dan kreatif dibutuhkan latihan yang terus menerus.

Itulah beberapa tips singkat untuk mendapatkan foto terbaik hanya dengan modal kamera smartphone.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *