3 Kuliner Legendaris di Jakarta yang Sayang untuk Dilewatkan - Reservasi Travel Blog

3 Kuliner Legendaris di Jakarta yang Sayang untuk Dilewatkan

Travel Tips68
3 Kuliner Legendaris di Jakarta yang Sayang untuk Dilewatkan

Travel Blog Reservasi – Jakarta ibu kota negara kita Indonesia. Selalu ada cerita yang indah dibalik bangunan-bangunan yang berdiri di tanah Batavia ini.  Warisan sejarah, akultrasi budaya, pusat perdagangan, hingga keanekaragaman kuliner yang ada di Jakarta.

Jakarta kini dengan Jakarta dahulu memang sudah banyak berubah. Namun dari banyaknya perubahan di Jakarta, banyak hal yang unik yang masih tetap terjaga keasliannya hingga kini. Seperti halnya kuliner di Jakarta, yang di warisi secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Nah, buat kalian para pecinta kuliner nusantara, kalian jangan mengaku menjadi pecinta kuliner nusantara jika belum mencoba kuliner-kuliner yang berikut ini!

Dari Italia ke Batavia, Es Krim Ragusa Tiada Duanya!

es krim ragusa
Es Krim Legendaris di Jakarta image

Kedai es krim ini berdiri sejak tahun 1932, kalian pasti bisa menghitung kalau kedai ini memang sudah sangat tua. Kedai Ragusa Es Italia ini berada di Jl. Veteran I No. 10, Jakarta Pusat tepatnya di belakang Masjid Istiqlal dekat dengan Gerja Katedral. Buka setiap hari dari jam 10.00-22.00.

Kedai Es Krim ini di didirikan oleh dua bersaudara berkebangsaan Italia ketika mereka sedang belajar menjahit di Jakarta pada tahun 1930-an, namanya adalah Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Berawal dari pertemenan mereka berdua dengan seorang wanita Eropa di Bandung, yang memiliki sebuah peternakan sapi perah.

Ragusa bersaudara pada saat itu kebingungan karena mendapati banyaknya susu sapi murni yang diberikan oleh teman wanitanya itu. Kemudian mereka mengolahnya menjadi es krim, dan tak disangka ternyata es krim buatannya banyak disukai oleh orang-orang.

Sejak saat itu, Ragusa Es Italia mulai berdiri hingga puncak kejayaannya sebelum tahun 1945. Kala itu Ragusa memiliki 20 cabang kedai Es Italia,  namun kini hanya tersisa 4 buah kedai dan yang paling terkenal adalah di Citadelweg atau sekarang ini dikenal sebagai Jl.Veteran.

A photo posted by nad (@ndy.lvr) on


Es Krim yang terbuat dari susu sapi murni ini memiliki tekstur yang sangat lembut, yang akan memanjakan lidah kalian. Es krim yang tersedia di kedai Ragusa Es Italia ini pun memiliki macam-macam rasa seperti, cokelat, vanila, mocca, nougat, stroberi, durian, dan rum raisin.

Penasaran untuk mencobanya?! Nah, kalian bisa langsung datang ke kedai yang satu ini. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp15.000-Rp35.000 saja, kalian sudah dapat menikmati Es Italia yang penuh dengan cerita ini.

 

Mie Ayam 4 Dekade di Gondangdia

Kedai mie ini sudah berdiri sejak tahun1968, tak heran banyak orang mengenal kedai ini. Mulai dari orang-orang biasa hingga artis-artis terkenal, pernah mencicipi mie legendaris yang satu ini. Namanya Mie Ayam Gondangdia, bertempat di Jl. R.P Soeroso Jakarta Pusat. Tetapi karena beberapa waktu lalu tempat ini di lahap si jago merah, kedai mie ini untuk sementara berpindah ke Jl.Cikini No. 12 Jakarta Pusat.


Kedai ini didirikan oleh Toe Wah Seng, tetapi kini sudah di kelola oleh generasi ketiga yaitu Pak Rino Chandika. Menu andalan yang terkenal sudah pasti Mie Ayamnya, harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp15.000-Rp50.000. Tak hanya Mie Ayam, di kedai Mie Ayam Gondangdia ini juga menyediakan menu makanan lainnya.
Nah, untuk kalian para pecinta mie. Harus coba datang kesini!

 

Icip Asinan Segar di Rawamangun

A post shared by Dewi Ivana Sari (@de_vanasari) on


Buah atau sayur? dua-duanya sama segarnya jika disajikan di kedai asinan yang satu ini. Ya, ini dia Asinan Kamboja H.Mansyur yang sangat terkenal sejak tahun 1970-an. Resep turun temurun yang di warisi oleh Alm. H.Mansyur kepada anak-anaknya memang bertahan sampai saat ini.


Bahkan orang-orang rela jauh-jauh datang ketempat ini. Tak hanya dari daerah Jakarta saja yang sengaja datang ke kedai asinan yang bertempat di Jl. Taman Kamboja III No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur tetapi orang-orang yang tinggal di luar Jakarta pun rela mengantri untuk mencicipi segarnya asinan betawi ini.

Sayurannya yang segar dan kuah kacangnya yang gurih dan manis menambah kesegaran ketika pertama kali mencicipinya. Asinan buahnya terdiri dari potongan bengkoang, kedondong, timun, nanas, dan disirami oleh kuah merah andalan dari kedai Asinan Betawi H.Mansyur.

Penasaran? Nah, kalian bisa langsung datang ke kedai Asinan Betawi H.Mansyur di Rawamangun. Kedai ini buka dari pukul 10.00 s/d 22.00, dengan catatan kalian harus rela mengantri panjang untuk mendapatkan sepiring asinan betawi yang segar. Tapi jangan khawatir! karena proses mengantri sebanding dengan kesegaran rasa Asinan Betawi H.Mansyur.

Sumber Featured Image Vidio.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *