close

25 Tips Traveling Terbaik Yang Harus Kamu Ketahui

Travel Blog Reservasi – Traveler yang punya segudang pengalaman traveling pasti memiliki tips dan trik bagaimana agar traveling mereka lebih menarik, mudah dan aman. Banyak kejadian yang tak terduga yang mereka rasakan. Misalnya seperti kecopetan, kehilangan barang di bagasi pesawat hingga barang yang ketinggalan di kereta.

25 tips traveling terbaik ini terinspirasi dari Ordinary Traveler yang sudah berkeliling dunia selama 10 tahun. Beberapa tips yang dibagikan pasti pernah kamu lakukan atau kamu ketahui sebelumnya. Supaya kalian bisa traveling lebih mudah, ada baiknya kalian juga menyimak tips dan trik lainnya ya.

Baca Juga: Tips Merencanakan Liburan di Tahun 2016

Fleksibel

Saat terjadi delay pesawat, tetap kalem dan tidak perlu marah-marah. Siapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi delay. Misalnya kalian bisa cek kuliner yang harus kalian coba di tempat wisata tujuan. Kesabaran adalah salah satu kunci keberhasilan dalam setiap perjalanan!

Buat Daftar Bawaan

Membuat daftar bawaan wajib hukumnya sebelum traveling. Kalian bisa menyiapkan daftar barang bawaan dua minggu atau seminggu sebelum berangkat. Pastikan kalian membuatnya. Saat teringat sesuatu barang yang harus dibawa, catat segera di smartphone agar tidak lupa.

Pelajari Bahasa Setempat Yang Paling Sederhana

Indonesia punya beragam suku dan bahasa. Sebelum berangkat, tidak ada salahnya kalian belajar beberapa sapaan atau ucapan terimakasih. Apa rasanya ketika Taylor Swift menyapa kalian dengan bahasa Indonesia “Apa Kabar Surabaya?” pasti senang bukan?

Siapkan Baterai Cadangan Buat Kamera

Smartphone mungkin bisa kalian akalin dengan membawa power bank. Namun, sebaiknya untuk kamera, kalian membawa dua atau tiga baterai cadangan sekaligus. Terutama untuk action camera seperti Go Pro Hero, kalian udah wajib bawa baterai cadangan dan memori card tambahan. Sayang kalau momen indah saat matahari terbenam, tiba-tiba baterai kemera kalian drop, duh!

Siapkan Sarung Kemana Saja Kalian Pergi

Percaya deh, sarung yang biasa dipake buat ngeronda malam itu beneran bermanfaat banget buat traveling. Sarung bisa kalian pakai sebagai selendang menahan dingin, hoodie khas Indonesia, bantal, bahkan bisa jadi selimut dadakan pas harus nginep di Bandara. Supaya matching dengan gaya kalian coba pilih deh yang pas dengan pakaian kalian.

Melihat Kehidupan Nelayan Dari Dekat Di Pantai Ngrenehan.
Melihat Kehidupan Nelayan Dari Dekat Di Pantai Ngrenehan.

Siapkan Dana Asuransi Selama Perjalanan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat traveling. Sudah saatnya kalian berpikir tentang “cadangan” dana yang lain buat keselamatan jiwa kalian. Kesehatan itu beneran mahal deh.

Dokumen Penting Jangan Lupa Di Foto Kopi

Dokumen penting seperti KTP dan Paspor wajib kalian foto kopi sebagai dokumen cadangan. Tentu simpan di tempat yang berbeda. Jangan disimpan di tempat yang sama. Kalau hilang barengan bisa berabe!

Bawalah Pakaian Dalam Cadangan

Bawa deh pakaian dalam cadangan. Simpan di tas yang selalu kamu bawa. Siapa tau kamu butuh ditengah jalan disaat semua pakaian kamu ada di hotel. Bisa juga kalian menyiapkan pakaian dalam sekali pakai. Praktis dan setelah pakai bisa langsung dibuang.

Rencanakan Pakaian Apa Yang Akan Digunakan

Pakaian bukan hanya harus disesuaikan dengan cuaca tempat tujuan wisata. Tetapi juga apakah sesuai dengan gaya kamu didepan kamera. Jangan sampai pakaian kamu kurang keren ketika harus memamerkan foto kamu di Instagram.

Simpan Alat Elektronik, Obat, Sikat Gigi dan Sepasang Pakaian Dalam di Tas

Barang-barang yang sifatnya personal harus selalu kalian bawa kemanapun kalian pergi. Ingat! Jangan sampai lupa membawa obat pribadi. Belum tentu obat yang kalian butuhkan itu bisa dengan mudah didapatkan di tempat tujuan traveling.

Pantai Kedung Tumpang yang ada di Tulungagung ini memang begitu instagram able.
Pantai Kedung Tumpang yang ada di Tulungagung ini memang begitu instagram able.

Sebelum Naik Angkutan Umum, Pastikan Harganya Dulu

Kebiasaan orang Indonesia kadang tinggal naik aja. Supaya gak digetok harga, mendingan kalian pastikan lagi deh harganya. Even itu masih di Indonesia. Pasalnya jika wajah kalian asing bisa jadi harganya digetok alias di mark up. Jangan sampe deh kejadian sama kalian!

Bawalah Selalu Pelembab Kemanapun

Cuaca saat ini kadang tak menentu. Meskipun musim hujan tetap aja panasnya menyengat saat siang hari. Supaya kulit kalian tidak kering, bawalah selalu pelembab.

Catat Nomor Hotel Dan Alamatnya di Smatphone Kalian

Buat yang suka lupa parkir dimana, ada baiknya juga kalian catat nomor hotel dan alamat hotelnya sekalian di handphone. Kalau perlu kalian foto aja bangunan hotelnya sama alamat hotelnya. Dengan begitu kalau kalian nyasar, kalian bisa tanya orang atau penduduk lokal yang lebih paham jalan.

Tanya Penduduk Sekitar

Ini bagian paling penting! Jangan malu untuk berbaur dengan warga lokal. Banyak informasi berharga yang bisa kalan dapatkan dari mereka. Ramahlah kepada mereka. Sesekali ajak mereka ngopi bareng. Siapa tahu kalian malah ditawari keliling kota gratis bareng mereka.

Kabari Bank dan Penyedia Kartu Kredit Bahwa Kalian Akan ke Luar Negeri

Jangan sampai kartu debit atau kartu kredit kalian tidak bisa digunakan di luar negeri yah!

Cara Lain Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketingian Bukit Parang Endog.
Cara Lain Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketingian Bukit Parang Endog.

Hati Hati Dengan WIFI Gratis

Tidak selamanya yang gratis itu aman. Jadi waspada dengan WIFI gratisan. Terutama jika kalian menggunakannya untuk transaksi secara online misalnya ketika harus transfer sejumlah uang. Lebih aman gunakan akses internet penyedia telekomunikasi yang kalian gunakan, daripada akun kalian kena hack.

Bawalah Selalu Tabir Surya

Buat yang mau ke pantai, rasanya tabir surya udah wajib kalian bawa deh. Entah apapun mereknya yang penting kalian wajib bawa pelindung ya buat kulit kalian supaya tidak terbakar terik matahari.

Open Minded

Jangan mudah menyalahkan penduduk lokal dengan apa yang mereka lakukan. Sebagai pendatang kalian tidak boleh langsung menyalahkan tradisi dan budaya warga lokal. Hormati mereka layaknya mereka menyambut kalian sebagai tamu. Awalnya pasti kalian akan mengalami cultural shock.

Sesekali Tinggalkan Kamar Hotel Sebelum Waktu Check Out

Boleh dong keluar kamar hotel sebelum waktunya. Kalau pesawat boleh delay, kenapa kalian enggak lebih awal aja jelajahi kota sambil menunggu waktu keberangkatan pesawat.

Kabari Keluarga Bahwa Kalian Sedang Traveling

Masa kalian pergi jauh-jauh gak ngabarin keluarga? Jangan sampai kalian disangka hilang dan pergi karena gabung ISIS ya. Pamit sama pak RT dan pak RW supaya ada yang mantau rumah kalian juga. Jangan lupa oleh-olehnya buat pak RT dan pak RW.

25-tips-traveling-terbaik-1

Pisahkan Barang-Barang Pribadi

Buat mantan santri jangan biasain pakai barang pribadi orang lain ya. Yah meskipun kalian pasangan suami istri, sikat gigi tetap harus beda. Pernah denger kan ada cewek yang lumpuh gara-gara pinjem alat make up temannya? Ih ngeri deh kalau sampai kejadian begitu. Naudzubillah…

Pisahkan Dimana Kalian Biasa Menyimpan Uang

Pelajaran penting dari orang-orang yang pernah naik Haji. Simpan uang di tempat yang berbeda. Misalnya dikaus kaki. Bisa juga diselipkan di topi. Pokoknya jangan sampai semua uang kalian di simpan di satu tempat kayak dompet. Kalau uang kalian disimpan disatu tempat bisa berabe pas kecopetan atau lupa nyimpennya dimana.

Bawalah Selalu P3K Buat Traveler

Buat kalian yang alergi sea food sebaiknya bawa deh obat pribadi. Gak lucu kan tiba-tiba lagi snorkeling di Raja Ampat, terus kalian harus pulang lebih awal gara-gara gatel-gatel karena alergi.

Foto Foto

Wah ini mah gak usah dijabarin lagi kalian juga pasti udah ngerti.

Souvenir Paling Oke

Oleh-oleh yang tahan lama itu bisa gantungan kunci, tatakan gelas, pulpen warna warni atau tempat pensil. Kalau ada magnet kulkas star wars atau pikachu juga boleh loh dijadikan oleh-oleh buat keponakan-keponakan lucu kalian.

Baca Juga: Tips Liburan Bareng Anak Kecil

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Tips LiburanTips Travelling
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response