close

17 Tempat Wisata Kuliner di Bandung dari yang Murah hingga Legendaris

shutterstock

Travel Blog Reservasi – Banyak orang Jakarta betah banget keliling tempat wisata kuliner di Bandung. Alasannya sih sederhana. Ingin menikmati kuliner murah tapi enak dan yang kedua adalah alasan nostalgia. Konon katanya Bandung itu punya sejuta cerita yang selalu bisa dinikmati bersama.

Makanya kalau mau datangi tempat wisata kuliner di Bandung ini wajib bawa pasangan. Takutnya kamu baper liat pengunjung lainnya bergandengan. Ya, minimal kamu bisa datang rombongan bareng teman-teman nongkrong.

Baca 10 Tempat Wisata Baru di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Sudirman Street Bandung

Seperti namanya Sudirman Street, warung kuliner di Jalan Sudirman Bandung ini punya ragam dan aneka pilihan. Kamu bisa mencicipi kuliner Asia, Timur Tengah hingga kulier Eropa. Gak perlu jauh-jauh lah ke Amerika untuk icip-icip kuliner khasnya, hampir semua jenis kuliner dunia ada di Sudirman Street.

Tapi, buat yang muslim harus teliti karena beberapa kuliner yang dijajakan di Sudirman Street tidak semuanya halal. Seperti di kawasan Pecinan Jakarta, Glodok ataupun Pasar Lama Tangerang, Sudirman Street memang menjajakan beberapa kuliner non halal seperti sate babi.

Kawasan ini juga sudah disulap dengan beberapa hiasan mural yang lucu. Terlebih kini pedestrian di kawasan Jalan Sudirman sudah lebih lebar dan lapang sehingga benar-benar menjadi surga bagi para pejalan.

Rentang Harga Rp20.000 – Rp 70.000

Alamat Jalan Sudirman 107 Bandung

2. Teras Cihampelas

Dari ketinggian Skywalk Cihampelas, pengunjung bisa melihat pemandangan dan kerlap kerlip lampu kota Bandung sambil menikmati jajanan murah meriah yang disajikan dari berbagai kios-kios pedagang kaki lima yang tertata dengan rapi.

Jarak Teras Cihampelas bisa diukur dari lokasi RS Advent Bandung hingga Cihampelas Walk yang memang sudah menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda terutama saat akhir pekan.

Tinggi Skywalk Cihampelas Bandung ini sekitar 4.6 meter. Jadi, sangat tepat sekali menjadi salah satu tempat wisata romantis di Bandung pada saat malam hari.

Rentang Harga Rp 15.000 – Rp 35.000

Alamat Jalan Cihampelas, Bandung

Baca Lupakan Taman Jomblo, Ini 7 Tempat Ngabuburit Paling Hits di Bandung

3. Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market diklaim sebagai tempat kuliner terbesar di Bandung. Bayangin aja, konon katanya sih di tempat wisata kuliner di Bandung paling hits ini menyajikan hampir seribuan menu yang bisa kamu pilih. Wah, rasanya enggak cukup sehari ya buat wisata kuliner di Paskal Food Market ini.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nita (@nitaitox) pada


Tempat wisata kuliner ini memang jadi tempat nongkorng juga buat anak muda di Bandung. Beberapa kuliner andalan di Paskal Food Market diantaranya seperti Sate Maulana Yusuf, Iga Bakar si Jangkung, Taliwang Jaya hingga Bola Obi Gardujati.

Rentang Harga Rp 25.000 – Rp 150.000

Alamat Jln. Kebon Kawung 27 | Paskal Hyper Square

4. Rumah Sosis Bandung

Kalau mau cari sosis lokal dengan rasa internasional, rasanya tempat ini cocok banget buat kamu yang doyan dengan olahan daging instan ini. Kamu bisa menikmatinya di tempat atau juga bisa membawanya pulang untuk buah tangan.


Rumah Sosis bukan cuma tempat kuliner aja lho. Rumah sosis memang lebih pas disebut sebagai arena rekreasi keluarga karena punya banyak fasilitas permainan dan kolam renang yang aman untuk anak-anak. Dengan tagline “Eat-Swim-Play” tak heran jika Rumah Sosis termasuk jajaran tempat wisata di sekitar Jalan Setiabudi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 30.000

Alamat Jalan Dr.Setiabudi No293, Sukasari Bandung

5. Kampung Daun Bandung

Kalau mau cari tempat romantis di Bandung, salah satunya adalah Kampung Daun Bandung. Hampir setiap tahun Kampung Daun selalu dijadikan lokasi syuting. Pasti pernah lihat dong tayangannya di televisi tiap bulan Ramadan?


Kampung daun tidak hanya menyajikan kuliner khas Pasundan, Jawa Barat saja. Tapi kamu juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Untuk minumannya pun beragam dari Bandrek yang menghangatkan badan hingga Wedang Ronde. Jika ingin yang segar-segar bisa juga memesan Es Cendol atau Es Cingcau yang menyehatkan pencernaan.

Rentang Harga Rp 13.000 – Rp 30.000

Alamat Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung

Baca Selain Menginap, 5 Hotel Instagramable Ini Juga Sering Dipakai untuk Hunting Foto

6. Nasi Kalong Bandung

Asal usul dinamakan Nasi Kalong Bandung karena wisata kuliner di Bandung yang unik ini hanya buka pada malam hari dari pukul 7 malam hingga pukul 3 dini hari. Wajar saja jika para penikmat nasi kalong adalah wisatawan yang terbiasa melek pada malam hari.

Kuliner nasi kalong sangat beragam mulai dari nasi merah yang tidak membuat kamu gendut, juga berbagai macam lauk pauk yang membuat kamu kangen sama rumah. Kamu bisa menikmati nasi merah dengan sambal goreng ati, ayam goreng madu, dendeng ayam hingga gepuk abon. Ada sekitar 20 jenis lauk pauk yang membuat kamu tergiur dengan kelezatannya. Dijamin pasti bingung mau pilih apa. Kalau bingung pilih aja menu paling banyak direkomendasikan seperti tumis buncis dan ayam goreng madunya.

Rentang Harga Rp 50.000 – Rp 100.000

Alamat Jalan Riau 102 Bandung

7. Yoghurt Cisangkuy Bandung

Kalau sedang jalan-jalan sekitar Gedung Sate mampir deh ke Yoghurt Cisangkuy Bandung. Salah satu kuliner legendaris di Kota Bandung ini patut kamu coba. Selain Yoghurt, kamu juga bisa kok menikmati kudapan lain seperti smoothies hingga minuman kesehatan lain seperti Green Tea dan Rosella.


Namun jangan datang saat weekend. Beberapa orang merekomendasikan untuk datang pada saat weekdays. Pada saat weekend biasanya kunjungan sangat padat dan utamanya didominasi oleh anak-anak muda yang lebih suka nongkrong. Tak heran jika Youghurt Cisangkuy termasuk salah satu tempat nongkrong legendaris di Bandung.

Rentang Harga Rp 22.000 – Rp 35.000

Alamat Jalan Cisangkuy No 66 Citarum, Bandung

8. Angkringan De BlankON Bandung

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan cukup beragam dan sangat cocok untuk kamu yang ingin sekedar nongkrong di siang hari. Selain banyaknya menu makanan, tempat ini juga sangat terkenal dengan interiornya yang memukau. Biasanya para wisatawan tak segan untuk berfoto dan selfie di setiap sudut Angkringan De BlankON ini.


Lihat saja, mulai dari pemandangan dari ketinggian yang luar biasa, dan payung-payung yang cantik pun juga menjadi spot paling favorit para wisatawan.

Rentang Harga Rp 3000 – Rp 40.000

Alamat Kawasan Punclut Jalan Baru Laksana No 75 Pagerwangi Lembang

Baca 10 Tempat Kemping di Bandung yang Paling Populer

9. Warteg Hipster Bandung

Kalau sedang cekak karena tanggal tua, warteg selalu jadi andalan setiap orang untuk mengisi perut. Sebab, tempat makan sederhana ini selalu terkenal dengan masakan rumahan dengan harga yang murah meriah.


Selain tempat yang cozy dan wifi gratis, makanan enak ala rumahan tentu jadi primadona di Warteg Hipster. Lauk warteg pada umumnya seperti gorengan, capcay, kangkung, tempe, tahu, ayam, daging, ikan, bahkan semur jengkol bisa kamu temukan di sini. Tapi, yang membuat makanan ini terlihat spesial adalah penyajiannya yang rapi dan bersih. Kalau begini kan selera makan jadi bertambah!

Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 20.000

Alamat Jl. Ranggagading no.3 Bandung

10. Audrey Scenic Dining Bandung

Jika ingin mencari tempat kuliner yang berbeda dari biasanya di Bandung, ada sebuah tempat di belakang De Ranch Lembang. Lokasinya memang agak susah untuk dijangkau tapi tempatnya benar-benar bakalan bikin kamu betah berlama-lama.


Terlebih ada banyak spot menarik dan instagrammable banget dengan suasana sejuk khas Lembang, Bandung. Arsitektur dan desainnya perpaduan gaya klasik Jawa dan modern menjadikan suasananyanya berbeda dari tempat wisata kuliner lainnya di Bandung.

Rentang Harga Rp 8.000 – Rp 68.000

Alamat Jalan Panorama Indah Kav A9 Lembang, Bandung. Next…

Baca Bandung, Gunung dan Hotel Murah di Bandung

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : BandungKulinerKuliner Enak
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response