14 Oleh Oleh Khas Lombok yang Awet dan Tahan Lama Dibawa Pulang

14 Oleh Oleh Khas Lombok yang Awet dan Tahan Lama Dibawa Pulang

Travel Destinations24.4K
14 Oleh Oleh Khas Lombok yang Awet dan Tahan Lama Dibawa Pulang

Travel Blog Reservasi – Oleh oleh khas Lombok yang wajib kamu bawa pulang bukan hanya susu kuda liar atau kain songketnya yang melegenda. Tapi, masih ada banyak oleh oleh khas Lombok yang tahan lama dan wajib dibawa pulang untuk keluarga di rumah.

Tempat wisata di Lombok memang kini tengah dipilih oleh wisatawan selain Bali. Lombok punya beberapa wisata alam yang mirip dengan Bali namun masih asri dan alami. Itulah sebabnya kini banyak traveler yang berwisata ke Lombok jika sudah bosan mengeksplor Bali.

Baca 17 Tempat Wisata Baru di Lombok

Lalu oleh oleh khas Lombok apa saja yang bisa kamu bawa pulang? berikut daftarnya:

1. Madu Sumbawa

Meskipun berasal dari Sumbawa, Madu alam ini sangat mudah didapatkan di Lombok. Tak heran jika Madu Sumbawa sudah dijadikan oleh oleh khas Lombok yang wajib dibawa pulang. Keunikannya ada salah satu madu putih yang berasal dari lebah yang bersarang di karang-karang putih.


Madu punya banyak khasiat untuk berbagai penyakit dan merupakan salah satu metode pengobatan cara Nabi Muhammad SAW. Madu juga sangat baik untuk menjaga imun tubuh dan menjaga kesehatan. Ada beberapa kemasan madu mulai dari ukuran botol kecil hingga ukuran jeriken sekitar 1 liter.

Salah satu tempat oleh oleh khas Lombok yang menjual madu Sumbawa misalnya seperti Phoenix atau sentra pedagang oleh oleh khas Lombok lainnya.

Kisaran Harga Rp 30.000 – Rp 250.000/botol

2. Susu Kuda Liar Sumbawa

Siapa yang tak mengenal manfaat dan khasiat susu kuda liar Sumbawa? Susu Kuda Liar Sumbawa dipercaya sangat berkhasiat untuk stamina pria dewasa. Rasanya memang berbeda dari susu sapi, ada rasa kecut sedikit mirip dengan susu kambing.

A post shared by Oeda Fahmi (@oeda_fahmi) on


Tak berbeda dengan kemasan madu, Susu Kuda Liar Sumbawa juga tersedia dalam berbagai kemasan dengan botol beling. Botol beling yang tebal dipercaya menjaga kesegaran Susu Kuda Liar Sumbawa hingga bisa dinikmati meskipun sudah melintasi laut dan pulau antara Provinsi.

Para pelayan toko oleh oleh khas Lombok biasanya sudah paham jika kemasan Susu Kuda Liar Sumbawa akan dibawa dengan menggunakan pesawat terbang. Mereka biasanya mengemas dengan rapi agar tidak mudah tumpah atau bocor sehingga tetap aman hingga sampai di rumah.

Kisaran harga Rp 100.000 – Rp 600.000/botol

Baca Uji Adrenalin di Perosotan Abangan Lombok Tengah

3. Dodol Rumput Laut

Dodol khas Lombok tidak kalah dengan dodol khas Garut. Pasalnya dodol khas Lombok sangat unik karena terbuat dari bahan dasar rumput laut. Rumput laut bisanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat agar-agar yang bermanfaat untuk perncernaan karena mengandung banyak serat.


Menikmati rumput laut dalam bentuk kemasan dodol yang manis memang berbeda. Selain lebih mudah dikonsumsi juga tahan lama dan bisa dijadikan sebagai camilan untuk tamu di rumah. Dodol rumput laut khas Lombok ini bisa di dapatkan di toko oleh oleh khas Lombok.

Kisaran harga Rp 13.000 – Rp 50.000

[yikes-mailchimp form=”1″ description=”1″]

4. Kalung Mutiara

Siapa yang tak mengenal keindahan mutiara Lombok. Belum lengkap rasanya jika datang ke Lombok tapi belum membeli pernak pernik dari mutiara asli Lombok. Sebagai pusat budidaya mutiara, Lombok memiliki dua jenis mutiara yang dibudidayakan di air asin dan air tawar. Jenis-jenis mutiaranya pun membedakan bentuk dan warnanya.


Salah satu kampung yang terkenal sebagai sentra penghasil mutiara adalah kampung Sekarbela. Kampung ini memiliki banyak sekali nelayan mutiara yang membudidayakan perhiasan perempuan asal Tiongkok ini. Dari warna sudah bermacam-macam karena tidak hanya warna putih saja, ada warna lain seperti warna emas, hitam dan juga mutiara yang berwarna perak.

Kisaran harga Rp 15.000 – Rp 500.000/butir

Baca 10 Hotel Unik Bernuansa Romantis untuk Honeymoon di Lombok

5. Minyak Gosok Sumbawa

Habis jalan-jalan masuk angin enaknya ya pijet dong. Nah, supaya pijatan makin yahud kamu bisa menggunakan Minyak Gosok Sumbawa. Minyak Gosok Sumbawa ini terbuat dari bahan akar lawang yang dipercaya berkhasiat untuk mengusir pegal-pegal dan masuk angin.


Akar lawang memiliki bau yang khas. Minyak pijat ini sudah turun termurun digunakan untuk minyak pijat dan gosok. Tak heran jika banyak orang tua yang senang jika dihadiahi minyak gosok Sumbawa.

Kisaran harga Rp 30.000/botol

6. Kaos Lombok

Semua tempat wisata pasti lekat dengan kaosnya yang unik dengan tulisan dan desain yang menarik. Misalnya seperti kaos Joger di Bali, kaos Dagadu di Jogja dan kaos Cak Cuk di Surabaya.


Lombok pun punya kaos khas yang memiliki ciri khas pesona laut seperti penyu. Tak berbeda dengan kaos di Bali hiasan-hiasannya masih bertema dengan alam keindahan dan pemandangan laut yang biru. Semakin murah jika membeli dalam jumlah banyak seperti jumlah satu lusin atau satu kodi.

Kaos Lombok cocok untuk oleh-oleh buat anak-anak remaja dan anak muda. Tak heran jika kaos Lombok menjadi salah satu penanda bahwa kamu telah mengunjungi Lombok.

Kisaran harga Rp 45.000 – Rp 120.000

7. Kain Songket Sasak / Kain Tenun Sasak

Indonesia memang sangat dikenal dengan baju tradisionalnya. Nah, bahan yang digunakan tentu saja kain tenun dan kain songket yang menjadi salah satu warisan budaya. Lombok juga punya kain tenun dan songket yang khas. Tak heran jika harganya memang sedikit lebih mahal namun kualitasnya tak perlu diragukan lagi.


Kain-kain ini masih dibuat dengan teknologi manual sehingga harganya pun lebih mahal dari kain pabrikan. Wajar karena ada rasa cinta, ketelitian dan dedikasi dalam proses pembuatannya. Tak heran jika harganya pun mungkin hanya cocok untuk kalangan menengah ke atas. Namun, jangan khawatir karena ada juga kain yang masih terjangkau di kantong.

Selain dalam bentuk bahan mentah ada juga yang sudah dalam bentuk jadi seperti kemeja, batik, pasmina hingga syal yang sangat berguna untuk digunakan di Jakarta terutama para perempuan yang biasa berlangganan ojek online. Kamu bisa menggunakannya untuk penutup hidung atau penutup kepala.

Kisaran harga Rp 150.000 – Rp 2.000.000

Baca Siapa yang Bisa Menolak Keindahan dari Pantai Mawun di Pulau Lombok Ini?

8. Peyek Kangkung Rumput Laut

Selain punya olahan dodol rumput laut, kini para usahawan kuliner juga melakukan difersifikasi produk dengan melakukan inovasi selain dodol. Salah satunya adalah Peyek Kangkung Rumput Laut.  Olahan kuliner khas Lombok berupa Peyek Kangkung Rumput Laut ini termasuk baru.

peyek kangkung lombok
kambojabutikoleholehlombok.blogspot.co.id

Dua perpaduan yang membuat penasaran. Lombok ternyata bukan hanya dikenal sebagai sentra penghasil Rumput Laut tapi juga dikenal dengan produksi kangkungnya yang besar dengan tekstur yang khas. Tak heran jika kedua potensi ini bisa menghasilkan rupiah dengan mengangkat kearifan lokal yang memang sudah disediakan oleh alam.

Ada empat varian rasa Peyek Kangkung Rumput laut mulai dari rasa original, pedas, seledri dan teri pedas. Selain cocok untuk dijadikan camilan, peyek unik ini juga sangat nikmat sebagai teman makan nasi yang masih hangat disajikan.

Kisaran harga Rp 25.000/bungkus. 

Baca Lombok, Sumbawa dan Tiket Murah ke Lombok

9. Terasi Bakar Lombok

Daerah pesisir memang menghasilkan aneka ragam hasil olahan laut yang bisa dijadikan bumbu masakan. Salah satunya adalah terasi bakar Lombok. Konon ini juga yang membedakan rasa Ayam Taliwang di Lombok begitu mengigit lidah.


Nah, supaya bisa mengolah Ayam Taliwang seperti daerah asalnya, tak ada salahnya jika salah satu bumbu ini dijadikan oleh oleh khas Lombok yang harus dibawa pulang. Menurut beberapa orang yang sudah mencoba, cita rasa terasi Lombook lebih kental terasa dibandingkan terasi Cirebon.

Kisaran harga Rp 50.000 – Rp 90.000/Kg

Baca 7 Spot Keren untuk Melihat Sunrise di Lombok. Yakin gak Tertarik?

10. Tuak Manis Lombok

Kalau di Jakarta ada minuman khas Betawi Bir Pletok di Lombok juga ada minuman khasnya, namanya dinamakan Tuak Manis Lombok. Rasa minuman ini segar dan manis. Cocok sekali jika dinikmati saat di tengah siang hari yang terik.

tuak manis lombok
diskominfo.lombokbaratkab.go.id

Sayangnya Tuak ini tidak bisa awet disimpan terlalu lama. Karena kandungannya akan langsung berubah hanya dalam semalam. Seperti terjadi fermentasi dalam tape, tuak ini akan berubah menjadi minuman beralkohol jika didiamkan dalam semalam.

Kisaran harga Rp 10.000 – Rp 15.000/botol

11. Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar

Salah satu poduk turunan dari susu yang pantas untuk dicoba adalah permen susu kuda liar. Permen ini cocok untuk oleh oleh khas Lombok terutama untuk anak-anak. Karena jika mencicipi susu kuda liar Sumawa yang asli akan sedikit berbeda karena terasa asam.

permen susu kerbau liar sumbawa
belanjalombok.blogspot.co.id

Selain permen susu kuda liar, tersedia juga permen kerbau liar. Permen khas asal Lombok ini diolah dengan cara yang masih sangat tradisional sehingga kualitas rasanya pun masih asli tidak meninggalkan rasa lokal.

Binatang ternak di Lombok dan Sumbawa hampir tidak ditempatkan di kandang alias dibiarkan berkeliaran begitu saja di padang rumput. Sehingga membuat produksi susu terbatas. Itulah sebabnya susu kuda liar Sumbawa harganya lebih mahal dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Kisaran harga Rp 20.000/kantong

Baca 10 Tempat Wisata Ini Bikin Nuansa Foto Preweddingmu Antimainstream!

12. Kerajinan Tangan Khas Lombok

lombokigh.wordpress.com

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang dijajakan di Lombok. Mulai dari gantungan kunci, gelang, kalung hingga aksesoris lainnya. Tak berbeda dengan daerah lain seperti di Bali dan di Papua. Pernak-pernik ini terkadang menggunakan bahan-bahan yang alami.

Kisaran harga Rp 5.000 – Rp 20.000

13. Kacang Mete

Kacang mete Lombok termasuk oleh-oleh khas Lombok yang tak pernah dilewatkan oleh wisatawan. Seperti halnya jika ke Bali tak pernah lupa membeli kacang Bali.

A post shared by by you (@beesatrio) on


Kacang mete Lombok ini diolah dengan bumbu dan rempah-rempah yang membuat lidah bergoyang. Rasanya khas gurih, asin dan nikmat. Sekali cicip susah untuk berhenti.

Kisaran harga Rp25.000 – Rp 30.000/kantong (250 gram)

14. Abon Ikan Marlin Lombok

Jika ada Abon Sapi Padmosusastro khas dari Surabaya, Lombok punya Abon Ikan Marlin yang nikmat. Abon Ikan Marlin ini dipercaya memiliki kandungan DHA dan Omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Abon ini juga sebagai salah satu cara menyiasati bagi anak-anak yang tidak suka makan ikan.

A post shared by imanyuda (@imanyudas) on


Salah satu keunggulan Abon Ikan dibandingkan Abon Sapi karena Abon ikan bebas kolesterol sehingga lebih sehat dan lebih aman bagi penderita kolesterol. Tak heran jika saat ini oleh oleh khas Lombok yang satu ini tengah naik daun karena himbauan agar lebih banyak mengkonsumsi ikan.

Kisaran harga Rp 60.000/seperempat Kg

Baca 6 Destinasi Wisata Populer di Indonesia

15. Ayam Taliwang oleh oleh khas Lombok paling juara

Belum lengkap rasanya jika ke Lombok tapi tidak mencicipi Ayam Taliwang khas Lombok. Jangan khawatir soal rasanya karena Ayam Taliwang tak pernah mengecewakan. Pasalnya ayam yang digunakan adalah ayam kampung jadi dagingnya lebih empuk dan rasanya lebih gurih.


Oleh Oleh khas Lombok yang satu ini jelas harus langsung disantap saat sampai tiba di Jakarta. Kamu bisa memesan Ayam Goreng Taliwang, Ayam Bakar Taliwang, Ayam Bakar Plecing Taliwang atau Ayam Bakar Madu Taliwang. Semuany pasti enak kok!

Kisaran harga Rp 35.000 – Rp 65.000

Baca Lombok, Sumbawa dan Tiket Murah ke Lombok

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *