close

12 Tempat Keren Yang Harus Kamu Kunjungi di Bandung

Bandung dan 12 Tempat Keren Buat Liburan- Reservasi.com

Travel Blog Reservasi – Bandung tetap menjadi tempat wisata favorit di saat liburan dan akhir pekan. Buktinya pada tanggal 23 dan 24 Desember 2015 yang lalu, beberapa mobil dengan tujuan Bandung harus menempuh waktu lebih lama dari biasanya. Cikampek menuju Cipularang macet di setiap rest area. Hampir 11 hingga 14 jam waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kota Bandung demi menikmati kuliner yang khas serta udara segar yang menyambut saat liburan. Lebih parah dibandingkan dengan mudik lebaran!

Bandung memiliki pesona buat semua orang, tak terkecuali anak-anak hingga orang tua. Bandung seperti memilki magnet yang tak pernah habis-habisnya. Tak ayal, rasanya mungkin tepat jika gagasan kereta cepat dapat direalisasikan dengan rute Jakarta – Bandung dalam beberapa tahun kedepan. Bandung dan Jakarta itu ibarat hubungan antara Malang dan Surabaya, keduanya lekat dan erat. Malang pun selalu menjadi tempat rekreasi dan liburan favorit warga Surabaya dan sekitarnya.

Berikut Travel Blog Reservasi berikan rangkumannya tentang 12 tempat keren yang harus kamu kunjungi di Bandung. Kalian pasti rugi sudah 12 jam menempuh perjalanan namun tak bisa menyusuri tempat-tempat ini demi memenuhi hasrat narsis dan foto-foto indah liburan kamu di Instagram.

(Baca Juga Yuk Kemping Seru Dengan Fasilitas Hotel Bintang Lima)

1. Bukit Moko Spot Keren Lihat Kembang Api Akhir Tahun

Bukit Moko, Menikmati Bandung Dari Ketinggian
Bukit Moko, Menikmati Bandung Dari Ketinggian

Kalian butuh tempat tinggi supaya bisa menikmati pemandangan kota Bandung pada akhir tahun 2015? Saatnya kalian mengunjungi bukit Moko di Utara Kota Bandung. Cahaya lampu malam kota Bandung dapat dilihat dengan jelas dari Bukit Moko. Dengan ketinggian 1500 mdpl, kalian wajib membawa baju hangat dan minuman hangat untuk membuat badan tetap segar.

Rute yang bisa kalian tempuh bisa melewati rute Tebing Keraton, lurus saja dari Gerbang Tahura, Taman Insinyur Haji Juanda Dago Atas Pakar. Untuk melewati daerah Padasuka memang harus bermacet ria terlebih dahulu namun lebih aman dilewati dengan kendaraan roda empat. Sementara jika melalui daerah Tebing Keraton pastikan kendaraan teman-teman dalam kondisi yang fit. Pasalnya kendaraan kalian akan menghadapi tanjakan yang terjal. Kalian juga bisa mempertimbangkan menggunakan kendaraan roda dua jika ke Bukit Moko.

Tempat wisata ini tidak dapat diakses menggunakan angkutan umum dengan mudah. Kalian harus menggunakan ojek dari Cicaheum. Untuk bisa ke Terminal Cicaheum banyak angkot yang bisa diakses dengan harga murah. Sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan baik roda dua atau roda empat.

2. Tebing Keraton, Selfie dan Bagikan Sesuka Hati!

Cara Mudah Dan Asik Berlibur Ke Tebing Keraton!
Cara Mudah Dan Asik Berlibur Ke Tebing Keraton!

Buat kalian yang belum pernah ke Tebing Keraton, saatnya untuk napak tilas dibukit yang menawarkan keindahan alam ini. Memang bukit ini sudah menjadi tampilan paling mainstream di Instagram. Namun, jangan pernah merasa mainstream jika kalian tahu bagaimana mengambil sudut pandang foto yang berbeda dari yang sudah ada.

Kawasan Tebing Keraton masih merupakan kawasan Hutan Lindung yang dikelola oleh Taman Insinyur Haji Juanda. Tebing Keraton sudah buka sejak pukul 6 pagi. Ada banyak warung yang menawarkan minuman tradisional seperti bandrek jahe dan bajigur di sekitar Tebing Keraton Bandung. Jangan khawatir pula karena sudah tersedia toilet umum yang bisa digunakan. Saat ini masyarakat sekitar mendapatkan berkah dengan dibukanya Tebing Keraton sebagai kawasan wisata yang dikelola secara baik. Pastikan tidak datang saat siang dimana suasana sudah pasti sangat ramai, apalagi saat liburan akhir tahun. Spot Tebing Keraton bakal jadi tempat favorit akhir tahun menyambut tahun baru 2016.

Tebing Keraton tidak bisa diakses menggunakan angkutan umum. Angkutan umum hanya bisa sampai Terminal Dago kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek motor. Sayang harga ojek dari Terminal Dago cukup mahal. Jika menggunakan kendaraan pribadi disarankan menggunakan roda dua agar bisa mencapai puncak tempat wisata Tebing Keraton. Kalian bisa menggunakan mobil namun biasanya warga mengarahkan kalian untuk memarkir kendaraan di Warung Bandrek dan diarahkan untuk menggunakan Ojek. Dari Warung Bandrek lokasi Tebing Keraton masih cukup jauh, dengan jalan menanjak dan terjal pastikan kalian memang siap jika harus berjalan kaki. Namun, pemandangannya sangat cantik. Jika membawa anak-anak minta saja agar mobil diizinkan masuk hingga keatas. Akses untuk mobil memang sempit terutama jika ada mobil dari jalur berlawanan. Pastikan mobil dalam kondisi fit karena tanjakan menuju Tebing Keraton sangat curam. Usahakan pengemudi berpengalaman terlebih jika membawa banyak penumpang. Jika menggunakan mobil matik, pastikan kuat ya di tanjakan.

3. Menikmati Suasana Hutan Tahura dari Cafe  d’Pakar 

Café d’Pakar – Café Di Bandung Dengan Pemandangan Segar Di Sekelilingnya
Café d’Pakar – Café Di Bandung Dengan Pemandangan Segar Di Sekelilingnya

Jika kalian tidak sempat ke Tebing Keraton, ada baiknya kalian mempertimbangkan cafe d’Pakar ini. Pemandangan Tebing Keraton bisa setidaknya tergambar dari pemandangan halaman belakang Cafe d’Pakar. Cafe unik ini berada di bibir tebing dan memiliki pemandangan hutan pinus yang indah. Kalian akan beruntung jika kabut sedang turun. Suasananya seperti berada di luar negari.

Cafe d’Pakar memiliki arsitektur bangunan yang tradisional dan autentik. Kalian bisa menikmati hidangan menu seperti pisang goreng, roti bakar, dan juga tersedia indomie rebus jika kalian suka menyantapnya saat suasana udara sedang dingin. Cafe d’Pakar bisa kalian tempuh searah dengan Taman Insinyur Haji Juanda. Jika ingin menggunakan angkutan kota, kalian bisa naik angkot jurusan Ciroyom – Ciburial menuju Cafe d’Pakar.

3. Wot Batu Selasar Sunaryo Yang Akan Bikin Kamu Merinding

Wot Batu Sunaryo Bandung (fxmuchtar.com/)
Wot Batu Sunaryo Bandung (fxmuchtar.com/)

Tempat keren yang sedang trending di Bandung ini tidak jauh dari Cafe d’Pakar. Kalian bisa menggunakan angkutan kota Ciroyom – Ciburial untuk menuju Wot Batu Selasar Sunaryo. Cukup naik dari Simpang Dago atau Terminal Dago.

Wot Batu merupakan kebun batu, memang berbeda dengan kebun bunga atau kebun sayuran. Namun inilah keindahan seni dari bebatuan yang disusun dengan indah. Karya Wot Batu Seniman terkenal Sunaryo ini bukan asal susun batu sesederhana yang kalian bayangkan. Pak Sunaryo melibatkan banyak ahli dalam membangun Wot Batu, tak kurang seperti ahli geologi dan ahli sejarah bebatuan pun ikut serta dalam membangun salah satu maha karya Sunaryo yang berada di galerinya di Jalan Bukit Pakar Timur.

Setelah ke Wot Batu kalian bisa ngopi ngopi cantik di Cafe Selasar Sunaryo. Selain itu juga kalian bisa melihat-lihat koleksi karya seni di Galery Sunaryo yang jaraknya hanya 50 meter saja dari Wot Batu Sunaryo.

Saat ini wisatawan yang masuk tidak dikenai biaya sama sekali alias gratis. Hanya saja Wot Batu hanya buka pada saat weekend saja dari pukul 10.00 pagi hingga 17.00 sore WIB.

4. Situ Patenggang Suasana dan Lokasinya Betah Buat Kamu Mencari Inspirasi

Suasana segar Situ Patenggang
Suasana segar Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang ini kadang juga dikenal dengan nama Situ Patengan, karena mengikuti nama desa dimana lokasi danau tersebut berada. Nama Patengan sendiri disebutkan berasal dari Bahasa Sunda pateang-teang yang artinya saling mencari. Untuk mencapai Danau indah ini disarankan menggunakan kendaraan kecil, karena jalur menuju kesana masih sempit. Pastikan kendaraaan kalian sehat untuk bisa mencapai danau indah ini.

Alamat lengkap Danau Situ Patenggang ini ada di Desa patengan, kecamatan Rancabali, Bandung Selatan. Situ Patenggang ini adalah salah satu dari beberapa tempat wisata yang terletak di pegunungan Ranca Bali. Situ Patenggang ini berada pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

5. Jangan Terlalu Lama Berada di Kawah Putih Ciwidey! 

Kawah Putih Ciwidey ini adalah tempat wisata yang instagramable
Kawah Putih Ciwidey ini adalah tempat wisata yang instagramable

Kawah Putih Ciwidey! Mungkin ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu fenomenal! Bisa dibilang, kalau tempat wisata yang ada di Bandung Barat ini tidak boleh kalian lewatkan sama sekali! Selain tempat wisata ini menyenangkan, Kawah Putih ini adalah salah satu tempat wisata yang terkenal. Sebaiknya kalian datang kesini pagi-pagi sekali, karena saat liburan 2015 biasanya tempat ini sangat ramai. Supaya tidak terjebak macet, hendaknya berangkat pagi pagi sekali. Dengan bangun pagi kalian pasti akan merasa terbayarkan dengan indahnya Kawah Putih Ciwidey.

Lokasinya berada di ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah Putih ini memiliki keunikan yang tiada duanya, yaitu pemandangan danau kawah yang berwarna putih kehijauan dan mengandung belerang. Letaknya ada di Gunung Patuha yang totalnya terdapat dua buah kawah.

6. Situ Cileunca Yang Tak Kalah Indah Dari Situ Pateggang

Situ Cileunca, yang sepi tapi menarik bagi para pecinta alam.
Situ Cileunca, yang sepi tapi menarik bagi para pecinta alam.

Bandung nggak hanya dikenal sebagai kota yang menyenangkan dengan sajian kuliner dan factory outletnya. Kota ini mempunyai banyak destinasi alam yang menyenangkan, yang juga banyak diincar para traveler yang ingin menghabiskan hari liburnya di Bandung. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati di dekat Bandung adalah Situ Cileunca. Destinasi yang berupa danau ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, Sebuah area yang berudara sejuk nan segar.

Situ Cileunca yang berada di Pengalengan sendiri bisa dicapai dengan kendaraan umum jurusan Bandung – Pengalengan dengan waktu tempuh kira – kira sekitar 2-3 jam. Atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan sendiri dan sewaan dari kota bandung. Tiket masuk menuju Situ Cileunca sendiri sangat murah, hanya IDR 2500 untuk destinasi wisata yang begitu menyenangkan ini.

7. Hutan Pinus Batu Kuda

Batunya memang besar, tapi enggak berbentuk kuda sama sekali deh sepertinya :|
Batunya memang besar, tapi enggak berbentuk kuda sama sekali deh sepertinya 😐

Situs Batu Kuda ini adalah sebuah objek wisata yang berada di Gunung Manglayang Bandung Timur. Dikenal dengan nama Batu Kuda karena mitosnya pernah ada sekor kuda yang bisa terbang dari arah selatan, yaitu Kuda Sembrani. Nah, ketika sedang terbang melewati Gunung Manglayang, si kuda tadi jatuh dan terjebak hingga tempat dia jatuh menjadi kubangan. Sekarang kuda ini terlihat dalam wujud batu yang mirip kuda.

Namun daya tarik tempat ini bukan hanya mitosnya atau batu berbentuk kuda saja, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di destinasi wisata Batu Kuda ini. Mulai dari camping, trekking, hingga bersepeda. Ada banyak pohon pinus cantik disini. Udaranya pun segar sekali loh. Asiknya lagi, teman – teman traveler bisa mengunjungi Batu Kuda hanya dengan membayar tiket IDR 3000 per/orang dan IDR 5000 jika ingin camping disini.

8. Gua Pawon, Gua Prasejarah 

Gua Pawon yang unik, tapi agak seram.
Gua Pawon yang unik, tapi agak seram.

“Pawon” dalam bahasa Jawa artinya adalah dapur, namun di Bandung Pawon ini adalah nama destinasi wisata lho. Iya, di Bandung ada destinasi berupa Gua yang dikenal dengan nama Pawon. Meski belum begitu terkenal, Gua Pawon yang terletak di Desa Masigit ini pernah menggemparkan. Karena didalamnya ditemukan lebih dari 20.000 buah tulang manusia. Diperkirakan tulang belulang tadi adalah milik manusia purba, pendahulu suku sunda. Buat yang nggak percaya mungkin bisa menengok langsung Gua bersejarah ini. Siapkan saja IDR 5.500 yang akan dibayarkan sebagai tiket masuk. Murah kan?

9. Tahura, Taman Insinyur Haji Juanda Pakar

Pemandangan Tahura Juanda dari Tebing Keraton.
Pemandangan Tahura Juanda dari Tebing Keraton.

Di Kota Bandung tepatnya berada di daerah Dago Pakar ada sebuah tempat untuk berlibur sambil trekking. Disini tidak hanya bisa membuat tubuh teman – teman traveler sehat, tetapi juga bisa menjadi tempat refreshing penghilang rasa penat. Jika kalian sempat sebetulnya kalian bisa bersepeda di Tahura. Tahura merupakan spot para penggemar mountain bike. Tak ayal banyak terdapat tempat parkir sepeda di sepanajang jalur menuju Tahura. Jika kalian lelah mengayuh, banyak warung yang siap menyambut para bikers disini sambil ditemani angin yang ngahiliwir kalau kata orang Sunda. (semilir angin)

Tempat ini adalah sebuah taman seluas sekitar 590 hektar. Disini teman – teman traveler bisa menikmati udara sejuk sambil menikmati 2.500 jenis tanaman yang tumbuh subur. O iya, selain bisa menikmati pemandangan alamnya ada objek wisata Gua Jepang yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke taman tersebut ya. Tahura atau Taman Hutan Raya ini adalah tempat liburan di Bandung yang juga cocok untuk kesehatan kamu.

10. Gua Putri Tempat Mencari Jodoh

Gua dan Mata air yang berada di Gunung Putri.
Gua dan Mata air yang berada di Gunung Putri.

Segera liburan ke Bandung, lalu bergegaslah ke Gua Putri yang terletak di Cililin, sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Bandung. Konon katanya datang ke tempat ini bisa bikin enteng jodoh. Entah sih, semua itu benar adanya atau hanya sebuah mitos belaka.

Informasi dari masyarakat setempat, di dalam Gua Putri ini ada mata air yang memiliki kekuatan magic. Siapa saja yang minum atau mencuci bagian tubuh dari mata air tersebut jodohnya akan cepat datang. Abrakadabra! Mungkin kalian yang pengen segera dapat gebetan bisa liburan kesini kali ya :p

11. Stone Garden

Stone Garden, Taman Bebatuan Purba Di Dekat Bandung
Stone Garden, Taman Bebatuan Purba Di Dekat Bandung

Stone Garden ini sebenarnya adalah situs purbakala. Kalau diperhatikan dengan jelas dan seksama, batu – batuan yang ada di tempat ini terlihat mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Bahkan ketika berkeliling di tempat ini, jika teman – teman traveler beruntung, kalian akan menemukan batuan unik seperti kerang laut, atau bahkan fosil tumbuhan laut. Mungking dahulu, jutaan tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan. Namun ketika karena keadaan alam mulai berubah, dasar laut ini pun terangkat dan menjadikannya sebuah pegunungan yang indah seperti saat ini.

Situs purbakala ini sejatinya terletak dekat dengan Goa Pawon tempat ditemukannya fosil manusia purba. Lokasi tepatnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten, Bandung Barat.

12. Lawang Wangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space – Kafe Sekaligus Galeri Seni Dan Art Space Di Bandung
Lawangwangi Creative Space – Kafe Sekaligus Galeri Seni Dan Art Space Di Bandung

Lawangwangi Creative Space bukan hanya kafe biasa loh. Kafe ini terletak di tempat yang sama dengan sebuah galeri seni dan art space yang sering digunakan untuk berkreasi oleh para seniman lokal dan mancanegara. Bagian paling menarik di Lawangwangi Creative Space adalah sebuah dermaga buatan yang menjorok ke arah kota Bandung. Karena di ujung dermaga ini kalian bisa menikmati bentangan Hutan Pakar. Pemandangan paling cantik adalah ketika matahari terbenam di balik pepohonan saat menjelang malam.

Udara di Lawangwangi Creative Space pun terasa sangat segar, bahkan kalian mungkin harus membawa jaket agar tidak kedinginan. Namanya juga Bandung, enggak dingin enggak asik! Untuk menu makanannya kalian bisa memilih sajian ala barat atau Asia di Lawangwangi Creative Space. Sesuaikan saja dengan mood kalian saat itu, namun yang jelas pemandangan indah di sekelilingnya akan membuat santap santai kalian terasa makin nikmat. O iya, alamat Lawangwangi Creative Space ini berada di Jalan Dago Giri No. 99, Bandung ya.

13. Pantai Buatan di Bandung

Pantai Buatan di Bandung berencana akan dibandun oleh Walikota Ridwan Kamil di danau Gedebage. Namun, Ridwan Kamil menampik untuk membuatnya jika petisi nitzen belum mencapai 100 ribu pendukung. Jika sudah mencapai 100 ribu pendukung, Ridwan Kamil akan memperjuangkan untuk membangun pantai buatan bagi warga Bandung.

(Baca Juga 12 Destinasi Traveling Bersama Ibu Mumpung Kalian Masih Single)

Silahkan di Share Ya!

Tags : BandungTempat Wisata

Leave a Response