12 Kesalahan Traveler Dan Cara Mengatasinya - Reservasi Travel Blog

12 Kesalahan Traveler Dan Cara Mengatasinya

Travel Tips84
12 Kesalahan Traveler Dan Cara Mengatasinya

Travel Blog Reservasi – Traveling memang harus dipersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari transportasi, akomodasi, konsumsi hingga kamera buat narsis. Tetapi tetap saja ada yang terlupa terutama saat kalian sudah diperjalanan. Jika begitu pasti akan lebih merepotkan karena bukannya kalian bisa traveling malah mengurus sesuatu yang seharusnya bisa diselesaikan sebelum memulai traveling.

Kesalahan-kesalahan karena faktor lupa atau bisa jadi juga karena faktor kesibukan mempersiapkan perjalanan sudah pasti akan membuat traveling kalian kurang berkualitas. Agar tidak mendapatkan masalah saat traveling ada baiknya kalian memperhatikan 12 Kesalahan Traveler Dan Cara Mengatasinya.

(Baca Juga Cara Membuat Visa Turis Korea Selatan)

1. Perbaharui Paspor Segera

Perbedaan E-pasport dan Passport Biasa Indonesia.
Perbedaan E-pasport dan Passport Biasa Indonesia.

Tidak seperti E-KTP seumur hidup, paspor memiliki batas akhir masa berlakunya. Jadi, jangan sampai kalian lupa untuk memperbaharuinya. Beberapa negara mensyaratkan setidaknya paspor masih berlaku untuk tiga sampai enam bulan kedepan. Apalagi jika kalian butuh visa untuk perjalanan kalian. Visa wajib diurus ketika memasuki sebuah negara. Kecuali jika memang negara tersebut bebas visa seperti Vietnam, Singapura, Maroko dan lainnya.

2. Terlambat Booking

Berburu Tiket Pesawat Dan Booking Hotel Secara Online
Berburu Tiket Pesawat Dan Booking Hotel Secara Online

Kalian sebetulnya hidup di era yang sangat mudah. Booking tiket pesawat atau booking hotel bisa langsung menggunakan smartphone. Jadi, jangan tunda lagi untuk booking lebih awal agar mendapatkan harga murah. Demi menghemat bujet traveling, sebaiknya kalian hunting harga hotel murah dan tiket pesawat murah sejak dini.

3. Tidak Membaca Review Travel Blog

Berburu Tiket Pesawat Dan Booking Hotel Secara Online

Sumber yang bisa dijadikan rujukan adalah perjalanan para travel blogger. Life hacks hingga tips-tips yang memudahkan traveling kalian tersaji dengan gratis melalui blog para travel blogger. Tinggal memasukkan destinasi tujuan menggunakan bantuan mbah Google, kalian akan melihat deretan review yang berharga sebelum memulai merencanakan traveling kalian. Salah satu Travel Blogger yang bisa dijadikan rujukan adalah Cumi Lebay. Konten Blognya akan membuat kamu jatuh cinta pada dunia Traveling.

4. Tidak Mengkonfirmasi Ulang

Siapkan Rencana Mudik Sejak Lama, Pesan Tiket Pesawat sejak dini
Siapkan Rencana Mudik Sejak Lama, Pesan Tiket Pesawat sejak dini

Memang ketika kalian sudah memesan tiket pesawat dan hotel, kalian tinggal duduk manis saja. Tapi bagaimana dengan mobil rental? Jika memang kalian menggunakan jasa penyewaan transportasi atau jasa lainnya di tempat tujuan, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ulang untuk memastikan bahwa kedatangan kalian memang sudah sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya.

5. Cek Dua Kali Barang Bawaan

Travelers Cenderung Gunakan Sumber Informasi Wisata Secara Online!
Travelers Cenderung Gunakan Sumber Informasi Wisata Secara Online!

Saat membuat daftar barang bawaan sebaiknya kalian cek ulang kembali saat semuanya sudah lengkap. Biasanya ada saja perintilan-perintilan yang penting yang tidak terbawa. Untuk urusan ini memang kalian harus menjadi orang yang sangat detail terhadap sesuatu. Sesekali saja kok demi memudahkan traveling kalian nantinya.

6. Menyimpan Obat di Bagasi

Kelebihan bagasi itu merepotkan.
Kelebihan bagasi itu merepotkan.

Jika kalian punya penyakit yang membutuhkan pengobatan khusus jangan lupakan obatnya. Obat pribadi kalian harus selalu menempel di badan saat traveling. Siapa bilang orang penyakitan tidak boleh traveling! Semua orang berhak kok untuk jalan-jalan.  Agar memudahkan kalian sendiri, bawalah obat pribadi kalian kemanapun kalian pergi dan jangan sekali-kali menyimpannya di bagasi pesawat. Saat dibutuhkan akan sulit untuk mengambilnya kembali.

7. Menunda Membeli Oleh Oleh

kuliner-bandung-oleh-oleh

Saat traveling lupakan gaya berbelanja di Pasar Tanah Abang. Kalian tidak bisa menawar terlalu rendah kemudian meninggalkannya. Saat tidak ada yang murah kemudian kalian kembali ke toko pertama yang memberikan harga paling murah. Prinsipnya saat kalian suka barang itu, tawar secukupnya dan ambil saat itu juga.

8. Tidak Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Surga belanja memang akan membuat kalian terlena. Baiknya sebelum berangkat hubungi bank penyedia dana kalian untuk memberikan limit. Benar, kalian butuh limit ketika menggunakan kartu kredit.

9. Lupa Mengurus Provider Telepon

kartu-telepon

Hal ini sangat sepele tapi kalian perlu mengurus ke kantor penyedia layanan telpon kalian saat kalian akan traveling  ke luar negeri. Kecuali kalian akan menggunakan jasa provider lain di tempat tujuan. Namun, pastikan agar keluarga dan teman-teman tetap bisa menghubungi kalian setidaknya melalui sosial media.

10. Terlalu Mengandalkan Smartphone

Kenapa sih harus install aplikasi traveling di smartphone kalian?
Kenapa sih harus install aplikasi traveling di smartphone kalian?

Selalu siapkan plan B. Smartphone kalian akan ada batasnya. Baterai habis, terjatuh, error atau terkena tumpahan kopi. Kalian harus mau “riweuh” untuk perjalanan yang berkesan. Siapkan semua dokumen penting seperti tiket, bukti booking hotel, dll, dalam bentuk cetak. Susah loh cari rental komputer di tempat yang tidak kalian kenal.

11. Kurang Minum

Membawa botol minum sendiri memang repot dan berat. Tapi dengan mengkonsumsi air yang cukup selama perjalanan akan membuat stamina kalian kuat dan terjaga selama traveling. Jadi, bawalah selalu botol minum sendiri ketika kalian traveling.

12. Terlalu Banyak Mencari Gratisan

Siapa sih yang tidak suka gratisan? Sesekali jaim dikit dong 🙂

(Baca Juga Cara Membuat Visa Amerika (US)

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *