close

12 Destinasi Air Terjun Paling Keren di Yogyakarta

air-terjun-jogan-yogyakarta
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Salah satu magnet wisata di pengunungan adalah keberadaan air terjunnya. Setelah lelah berjalan dan mendaki biasanya yang menjadi oase para pendaki gunung adalah air terjun. Salah satu objek wisata seperti air terjun ini bukan hanya menarik tapi juga sangat menawan.

Setelah lelah berjalan dengan keringan bercucuran, keberadaan air terjun seperti pelepas dahaga dan lelah setelah seharian berjalan. Kalian juga bisa memanfaatkan air terjun sebagai sumber air bersih. Jika kalian sedang berlibur ke Yogyakarta jangan lupa mengunjungi 12 air terjun paling keren di Yogyakarta versi Travel Blog Reservasi. Apa saja ya?

(Baca Juga Candi Prambanan Candi Hindu Terbesar di Yogyakarta)

1. Air Terjun Gedangan, Bantul

Air terjun Gedangan memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya Air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan yang berasal dari gunung berapi tua Ngalenggran. Lokasinya berada di Kecamatan Imogiri, Bantul. Untuk bisa mencapai air terjun indah ini kalian perlu berjalan kaki sekitar 30 menit saja dari perumahan warga. Air terjun ini dikenal oleh warga sekitar dengan nama Air Terjun Seribu Batu yang dipercaya dapat membuat awet muda dan menjaga keharmonisan hubungan pasangan suami istri. Air terjun gedangan memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan kedalaman sungai sekitar 1 meter.

2. Air Terjun Girimulyo, Kulonprogo

Untuk menuju Air Terjun Girimulyo dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 60 menit dari Yogyakarta. Air terjun ini letaknya berdekatan dengan beberapa air terjun lainnya seperti air terjun Setawing, Grojogan Sewu, dan lain sebagainya. Lokasinya dapat ditempuh dengan sangat mudah. Kalian cukup mencari pasar Jonggrangan, tidak jauh dari situ ada petunjuk arah menuju Air Terjun Setawing yang lokasinya tidak jauh dengan Air Terjun Girimulyo.

3. Air Terjun Goa Cerme, Bantul

Selain dapat mengunjungi Air Terjun kalian juga bisa menikmati pesona Goa Cerme. Menurut cerita masyarakat sekitar bahwa Goa Cerme ini lekat kaitannya tempat petilasan para Wali Songo ketika menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Selain merupakan tempat wisata yang masih cukup tersembunyi, keberadaan air terjun Goa Cerme ini dijadikan sumber kehidupan masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari dan irigasi pertanian. Lokasinya sekitar 25 km dari kota Bantul. Kalian harus mempersiapkan stamina karena akses menuju Air Terjun Goa Cerme ini melalui wilayah Dusun Srunggo.

4. Air Terjun Jogan, Gunung Kidul

Air terjun Jogan ini sangat sangat unik. Dari hulu airnya berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Sedangkan airnya bermuara ke lautan yang hanya berjarak sekitar 10 meter saja dari bibir pantai. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 meter. Pantai paling dekat dari air terjun ini adalah pantai Nglambor dan Siung atau sebelah timur Pantai Timang. Lokasi persisnya berada di Desa Purwodadi, Kecapatan Tepus, Gunung Kidul.

5. Air Terjun Kedung Kandang, Gunung Kidul

Air Terjun ini merupakan air terjun bertingkat yang sayangnya hanya mengalir pada saat musim hujan saja. Ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter. Undakan-undakan yang ada memiliki jeda ketinggaian sekitar 5 meter. Lokasinya berada di Dusun Sendang Sari, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Kalian harus berhati-hati karena untuk menuju ke Air Terjun ini akses jalannya harus melewati pematang sawah yang cukup curam dan ditempuh kurang lebih sepanjang 1 kilometer dari pemukiman warga.

6. Air Terjun Parangtritis, Bantul

Sesuai dengan namanya air terjun ini berada di sebelah timur Pantai Parangtritis Yogyakarta. Karena lokasinya berdekatan dengan bibir pantai kalian bisa menyaksikan keindahan air terjun yang turun dari bukit karang hingga mengalir langsung menuju Pantai Parangtritis. Untuk menuju Pantai Parangtritis jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 25 kilometer yang dapat ditempuh selama 45 menit.

(Baca Juga Candi Prambanan dan 6 Candi lain di Yogyakarta yang bisa Dikunjungi)

7. Air Terjun Sidoharjo, Kulon Progo

Ketinggian Air Terjun ini lebih tinggi dari air terjun lainnya. Tingginya mencapai 75 meter. Inilah salah satu air terjun yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai air terjun ini tidak terlalu jauh dari tempat parkir dan penitipan kendaraan yang dikelola warga. Kalian hanya cukup berjalan kurang lebih sejauh 1 kilometer saja.

8. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun ini memiliki nama lain yakni Air Terjun Slempret. Dinamakan demikian karena Air Terjun ini terpecah aliran airnya dari dua celah tebing dan mengalir dari sela-sela tebing karst yang terkesan gersang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Lokasinya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan salah satu andalan pariwisata Kabupaten Gunung Kidul. Diantara yang lainnya Air Terjun ini memang menawarkan pemandangan yang paling menarik.

9. Air Terjun Tlogomuncar, Sleman

Air Terjun ini lebih dikenal oleh warga dengan nama Air Terjun Kaliurang karena lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang. Apalagi lokasinya berada di lereng gunung Merapi. Air Terjun ini memiliki ketinggian menengah sekitar 35 hingga 45 meter. Hulunya berasal dari lereng Bukit Plawangan. Lokasinya berada di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

10. Curug Nglionggo, Kulon Progo

Curug ini boleh dibilang masih perawan dari jamahan manusia karena tempatnya yang terpencil dan akses yang sulit. Curug ini berada di Dusun Nglinggo Desa Pegergharjo, Kecamatan Simagaluh, Kulon Progo. Jaraknya dari pusat kota sekitar 42 kilometer. Kalian yang merasa tertantang untuk mengunjungi Air Terjun ini diharapkan membawa perbekalan dan persiapan stamina dengan baik. Disamping aksesnya yang sulit, juga lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga. Namun, pemandangan disini tiada tandingannya. Lelah dan letih kalian akan terbayar setelah merasakan kesegaran Air Terjun Nglionggo.

11. Grojogan Banyu Tibo, Gunung Kidul

Air Terjun ini berada diantara perbatasan Semin dan daerah Wonogiri. Akses menuju Grojogan Banyu Tibo ini sangat menarik karena kalian akan disajikan pemandangan pematang sawah dan hijaunya pemandangan Grojogan Banyu Tibo. Lokasinya berada di Desan Karangsari, Kecamatan Semin, Gunung Kidul.

12. Grojogan Watu Jonggol, Kulon Progo

Air terjun ini berada di pegunungan Menoreh kawasan Desa Wisata Nglinggo. Air Terjun atau Grojogan ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kalian harus berhati-hati karena akses untuk menuju ke Grojogan harus melewati jalan setapak yang sulit dan lembah yang dalam. Namun jangan khawatir karena sudah ada akses jalan setapak yang memang sengaja dibuat warga agar wisatawan bisa berkunjung ke Air Terjun Watu Jonggol ini.

(Baca Juga 5 Kuliner Murah, Merakyat, Tetapi Enak di Yogyakarta)


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Air TerjunYogyakarta

Leave a Response