close

10 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Paling Hits di Kalangan Traveler

shutterstock_495057442-min
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Potensi pariwisata di daerah Gunung Kidul ternyata tak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan, tempat tersebut sekarang jadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih Yogyakarta sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburan.

Ada beragam pilihan tujuan liburan yang bisa kamu sambangi di sana. Semuanya menawarkan keindahan panorama alam yang eksotis dan memukau lho. Nggak cuma traveler petualang, para pencinta wisata selfie juga cocok banget datang ke tempat ini.

Dari sekian banyak lokasi rekreasi di sana, ini 10 besar tempat wisata di Gunung Kidul yang paling populer di kalangan traveler versi Reservasi.com.

Baca Pesona Kabut Bukit Watugede Gunung Kidul

1. Gua Pindul


Bisa dibilang kalau Gua Pindul adalah tempat wisata di Gunung Kidul yang paling terkenal. Saat berada di sana, kamu bisa merasakan keseruan menyusuri isi gua dengan cara cave tubing. Kamu bisa mengarungi aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan menaiki sebuah ban yang besar.

Saat berada di sana, kamu bisa melihat ornamen gua yang dihiasi dengan stalagtit yang memukau dan menghipnotis. Lokasi Gua Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Baca 10 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta untuk Kamu yang Hobi Main Air

2. Pantai Nglambor


Tempat wisata di Gunung Kidul selanjutnya yang populer di kalangan traveler adalah Pantai Nglambor. Biasanya, pantai di Yogyakarta terkenal dengan ombaknya yang ganas. Pemandangan berbeda justru akan kamu temukan di destinasi satu ini.

Berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai Nglambor menawarkan eksotisnya pemandangan pantai dengan ombak yang cukup jinak. Hal ini disebabkan oleh hadirnya dua buah bukit karang raksasa menyerupai kura-kura yang jadi penahan dan pemecah gelombang yang datang.

Selain panorama yang menarik, ragam biota laut yang cantik juga jadi alasan mengapa traveler senang datang ke sana. Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu untuk bermain air, snorkeling, atau berfoto underwater ketika berada di Pantai Nglambor.

3. Pantai Timang

Tempat Wisata di Gunung Kidul
sumber : shutterstock.com

Pantai Timang jadi destinasi yang cocok dikunjungi oleh para pencinta wisata ekstrem. Tempat liburan antimainstream ini menawarkan sensasi seru dan menegangkan saat manaiki gantole tradisional untuk menyebrang ke Pulau Timang.

Untuk orang penakut pasti akan menolak mentah-mentah untuk naik wahana ini. Sebab, selain dibuat secara tradisional dengan menggunakan kayu dan bambu serta titian berbahan tali plastik. Pengoperasian gantole tersebut pun masih menggunakan tenaga manusia. Ditambah lagi kamu harus melewati lautan lepas dengan ombak ganas yang sewaktu-waktu bisa menyapu kamu yang sedang menyeberang.

Kebayang nggak ngerinya? Sebaiknya, siapkan mental yang besar sebelum menaiki alat penyeberangan yang berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, ya!

4. Pantai Jogan

Tempat Wisata di Gunung Kidul
sumber : shutterstock.com

Sepertinya Pantai Jogan ini jadi destinasi ideal untuk para traveler petualang seperti kamu menghabiskan waktu liburan. Nggak hanya menawarkan lansekap alam mempesona yang tercipta dari pantai, tebing karang, dan air terjun. Kamu pun bisa melakukan aktivitas seru seperti canyoning atau rappeling di sana. Jika kamu tertarik untuk datang ke sana, mampirlah ke Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. 

Baca Puncak Kosakora yang Layak Kamu Kunjungi Segera

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat Wisata di Gunung Kidul
sumber : shutterstock.com

Satu-satunya gunung purba yang berada di Yogyakarta ini terbentuk karena pembekuan magma yang terjadi sekitar 60 juta tahun lalu. Tempat ini selalu jadi incaran para traveler pemburu sunset atau sunrise. Pemandangan ciamik tersebut dijamin akan membuat kamu terhipnotis dan langsung jatuh hati karena keindahannya.

Kamu yang suka dengan kegiatan fotografi pun pasti akan menyukai tempat ini. Pemandangan hijau yang asri dan meneduhkan akan membuat hasil bidikan terlihat semakin keren. Apalagi saat malam datang, tempat yang berada di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul ini akan menjadi spot bukit bintang yang romantis. Next…


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Gunung KidulTempat WisataYogyakarta

Leave a Response