10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Unik dan Menarik - Reservasi Travel Blog

10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Unik dan Menarik

Travel Destinations6.5K
10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Unik dan Menarik oleh oleh khas banyuwangi/shutterstock

Travel Blog Reservasi – Setelah keliling tempat wisata di Banyuwangi rasanya belum lengkap jika pulang tanpa membawa oleh oleh khas Banyuwangi untuk keluarga di rumah.  Kira-kira apa saja daftar oleh-oleh khas Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan?

Baca Catat Kalender 72 Event Wisata di Banyuwangi Festival 2017

1. Kerupuk Rumput Laut


Seperti halnya wilayah pesisir laut yang kaya dengan hasil tangkapan dan budidayanya. Banyuwangi juga punya produk unggulan kerupuk Rumput Laut seperti di Lombok. Oleh oleh khas Banyuwangi yang satu ini memiliki rasa yang gurih tanpa msg. Produk kerupuk rumput laut termasuk produk ukm yang dikelola oleh ibu-ibu koperasi.

2. Kopi khas Banyuwangi


Kopi khas Banyuwangi punya empat produk unggulan yaitu Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Seblang dan Kopi Pingit. Kopi Kemiren merupakan produk kopi rumahan sedangkan kopi Lanang dikelola oleh PTPN XII Kalibaru. Untuk kopi Seblang sedikit istimewa karena ada jenis yang berasal dari biji kopi luwak. Sedangkan kopi Pingit adalah kopi ayang berasal dai pegunungan Gumitir, Kalibaru. Oleh oleh khas Banyuwangi sayang sekali jika kamu lewatkan.

3. Batik Banyuwangi


Batik Banyuwangi yang paling populer memiliki motif Gajah Oling, bentuknya seperti kembang atau bunga namun mirip dengan kuping gajah. Selain motif Gajah Oling, Banyuwangi juga memiliki motif lain yang tak kalah menarik seperti Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing, Gedhegan dan motif-motif lainnya.

Baca Bukit Mondoleko Banyuwangi, Wisata Baru yang Menyajikan Spot Selfie dari Ketinggian

4. Kaos Banyuwangi


Selain batik, Banyuwangi juga sudah memiliki kaus khas Banyuwangi. Kalau Surabaya punya batik Cak Cuk, Banyuwangi punya batik khas dengan merek KaOsing. Kaus Banyuwangi tak berbeda dengan kaus-kaus kreatif lainnya dengan menjual desain dan kata-kata unik khas Banyuwangi. Sasarannya tentu saja anak muda yang berwisata ke Banyuwangi.

5. Kerajinan Gintangan Banyuwangi


Banyuwangi memiliki sebuah desa yang menjadi sentra kerajinan bambu khas Banyuwangi. Produk-produknya sangat beragam mulai dari keranjang, kipas hiasan raksasa hingga tempat koran. Hasil anyaman bambu bisa dianyam dan dibentuk untuk berbagai barang rumah tangga yang unik dan khas. Mulai dari souvenir hingga peralatan dapur.

6. Panci-Dandang Kalibaru


Selain memiliki desa kerajinan anyaman bambu yang menarik di Banyuwangi adalah sebuah desa kerajinan alumunium. Semua perkakas dan perlengkapan dapur yang terbuat dari alumunium tersedia di Desa Kalibaru. Asal tahu saja jika dandang dan panci Kalibaru sudah menembus pasar ekspor. Produknya sangat beragam mulai dari Oven, Panci, Dandang, Wajan dengan berbagai ukuran dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

7. Bagiak


Jika ditanya apa kue khas dari Banyuwangi, inilah jawabannya. Kue Bagiak adalah kue asli dari Banyuwangi. Rasanya manis, asin dan gurih bercampur menjadi satu. Bahan kue Bagiak diantaranya menggunakan tepung kanji, susu, telur dan bahan-bahan lainnya. Bentuknya unik persegi panjang dengan sudut oval.

Baca Pesona Amazon Indonesia, Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi

8. Sale Pisang


Sale pisang bukan hanya oleh-oleh Bandung yang terkenal. Banyuwangi juga ternyata punya oleh oleh khas Sale Pisang. Rasnya manis dan renyah. Beberapa produk pisang Banyuwangi selain sale juga ada molen sale pisang dan sale pisang goreng. Unik sekali bukan oleh oleh khas Banyuwangi yang ini?

9. Ladrang Sabrang


Pembuatan Ladran berasal dari bahan baku utama ubi jalar. Namun warga Banyuwangi biasa menyebutnya dengan Sabrang. Ubi ini kemudian dibuat menjadi keripik dengan bentuk panjang seperti cheese stick. Rasanya manis dan termasuk camilan yang menyehatkan karena tidak membuat gendut.

Baca Akan Hadir Wisata Pantai Khusus Kaum Hawa di Banyuwangi

10.  Tape Buntut


Tape atau peuyeum juga ternyata ada di Banyuwangi. Bedanya tape khas Banyuwangi menggunakan bungkus dengan daun jati. Mirip seperti Nasi Jamblang Cirebon yang menggunakan alas dari daun pohon jati. Uniknya tape khas Banyuwangi ini dibentuk seperti memiliki buntut, sehingga orang-orang menyebutnya dengan Tape Buntut karena daunnya memiliki ekor. Tape termasuk panganan tradisional suku Using di Banyuwangi.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *