close

Wajib Coba! Ini 12 Mi Khas Nusantara yang Paling Menggugah Selera

shutterstock_669969328-min
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Siapa sih yang nggak suka dengan mi? Kuliner yang aslinya berasal dari Cina ini selalu diminati oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Makanan yang bisa disajikan dengan kuah ataupun kering ini punya rasa yang nikmat dan memikat.

Karena Indonesia terdiri atas beberapa wilayah dari Sabang sampai Merauke, varian mi khas Nusantara yang bisa kamu pilih pun lebih beragam. Masing-masing punya keunikan dan keotentikan rasa tersendiri lho. Yang pasti, semuanya tetap menunjukan ciri khas kuliner dalam negeri yang kaya bumbu dan rempah.

Dari berbagai jenis mi khas Nusantara berikut ini, mana saja yang sudah kamu coba?

1. Mi Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam


Kenikmatan mi aceh yang legendaris membuat kuliner yang berasal dari Serambi Mekah ini bisa dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain. Hal utama yang membuat makanan ini begitu dicintai para penggemar mi adalah penggunaan bumbu rempah yang nggak pelit. Terbayang kan betapa nikmatnya menyantap mi lembut bercita rasa pedas, gurih, dan asam sekaligus di mulut? Supaya lebih mantap, mi aceh disajikan dengan daging, ayam, udang, atau kepiting.

2. Mi Belitung, Belitung


Belum afdol kalau traveling ke Kota Laskar Pelangi tanpa mencicipi lezatnya mi belitung. Seporsi mi belitung berisi mi kuning, potongan kentang, kekian, udang goreng, taoge, timun, dan kuah kaldu udang yang kental. Supaya lebih nikmat, emping selalu hadir sebagai pelengkap makanan ini.

Baca : Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Nusantara Kalau Belum Coba 8 Bubur Khas Indonesia Ini

3. Mi Ongklok, Wonosobo


Daerah Dieng, Wonosobo memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan cukup dingin. Untuk menghangatkan diri saat liburan ke sana, kamu tak boleh lewatkan kesempatan menjajal mi ongklok. Kuliner berisi mi, potongan kol dan daun kucai dimasak menggunakan saringan tradisional yang terbuat dari bambu.

Mi dan sayuran tersebut dicelupkan ke air mendididih dengan menggunakan ongklok. Setelah matang, disiram dengan kuah kaldu kental yang gurih. Pelengkap seperti sate sapi, tempe kemul, atau keripik tahu bisa jadi pilihan untuk melengkapi cita rasa mi ongklok agar rasanya jadi lebih istimewa.

4. Mi Kocok, Bandung

Jelajah kuliner memang jadi hal yang wajib dilakukan saat traveling ke Kota Kembang. Sebab, banyak banget makanan enak yang harus kamu coba. Salah satunya ya mi kocok ini. Hati-hati ketagihan saat menikmati seporsi mi kocok hangat berisi mi lembut, potongan kikil kenyal, tauge yang renyah, serta kuah kaldu bening yang hangat gurih. Rasa menu satu ini jadi makin lezat saat diberikan perasan jeruk nipis dan sesendok sambal. Hmm.. maknyus!

5. Mi Koclok, Cirebon

Mi khas Nusantara dari Cirebon ini memang punya kemiripan nama dengan mi kocok dari Bandung. Tapi, ternyata penyajiannya sungguh berbeda lho. Mi koclok yang berisi mi kuning, suwiran ayam, potongan telur, dan tauge ini disiram dengan menggunakan kuah kental. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam, santan, dan tepung. Cita rasanya yang gurih dijamin bikin lidah terus bergoyang.

6. Mi Cakalang, Manado

Aroma ikan cakalang yang kuat dijamin bisa menggugah selera kamu. Potongan daging ikan yang gurih serta mi yang kenyal menyatu sempurna di mulut. Rasanya jadi seimbang karena hadirnya pelengkap seperti sawi, potongan daun bawang, dan taburan bawang goreng. Biasanya, makanan ini disantap saat sarapan bersama bubur manado. Next…


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : KulinerKuliner Nusantara

Leave a Response