close

10 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Jogja

shutterstock_188298098

Travel Blog Reservasi – Setiap kota tentunya memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Jika kamu berkunjung ke suatu daerah jangan pernah lupa untuk menelusuri objek wisata dan kuliner dari tempat tersebut. Kota yang istimewa ini sudah membuat para pengunjungnya jatuh cinta dan ingin selalu kembali lagi kesini.

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan keramahan dan keistimewaannya ini selalu menjadi destinasi terfavorit oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi di tempat ini, ternyata tidak ada habisnya menyajikan berbagai macam wisata dan kuliner yang harus sekali kamu jelajahi jika sedang berada di Jogja.

(Baca Juga 5 Pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi)

Sudah merencanakan untuk berlibur ke Yogyakarta bersama teman atau keluarga? alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi serta kegiatan apa saja yang bisa  kamu lakukan jika sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk yang sama sekali belum pernah ke Jogja mungkin hal ini akan lebih memudahkan kalian dan akan membuat liburan kamu lebih menyenangkan jika sudah mengetahui berbagai tempat yang wajib dikunjungi nanti, berikut ulasannya.

1. Foto di Tugu Jogja

credit image fotojogja.comcredit image fotojogja.com

Banyak yang bilang wisata kamu belum sah kalau belum berfoto di Tugu Jogja. Jika kamu sudah menginjak kaki kamu di kota yang istimewa ini langsung saja datang dan kunjungi Tugu Jogja untuk berfoto dan menunjukkan bahwa kamu pernah datang ke Yogyakarta. Memang kalau terlihat sekilas tempat ini seperti tugu pada biasanya, tapi justru tempat ini yang menjadi spot foto paling favorit oleh para wisatawan. Letaknya yang berada di bundaran jalan ini memang akan sangat sulit jika mengambil foto di depan tugu, pilihlah waktu yang pas untuk berfoto di Tugu Jogja. Biasanya para wisatawan berfoto menunggu malam hari supaya jalanan sepi dan pagi hari sekali pada saat jalan belum ramai dipadati kendaraan.

2. Menelusuri Malioboro

tempat wisata di jogja

Jaraknya tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja. Jika kamu sudah berada di Yogyakarta tentunya hal ini menjadi nilai wajib yang harus kamu lakukan. Merupakan ikon wisata Jogja tempat ini selalu diburu oleh para wisatawan karena di sepanjang trotoar kamu akan melihat banyaknya pedagang yang menjual berbagai kerajinan khas Jogja dan kulinernya yang wajib kamu cicipi. Jangan lupa untuk kembali lagi ke Malioboro pada malam hari, karena suasananya akan sangat berbeda dan kamu bisa menyaksikan para seniman jalanan yang sedang beraksi.

3. Nongkrong di Angkringan

tempat wisata di jogja
Credit image santapjogja.com

Nongkrong dan mencicipi makanan lezat di cafe atau restoran mahal tentunya hal yang sudah sangat biasa dan sering kamu lakukan di kota asal. Sekarang saatnya untuk mencoba makanan khas yang tidak boleh kamu lewati jika berada di Jogja. Angkringan, selain enak makanan ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan, Lho. Ada banyak sekali pilihan Angkringan yang bisa kamu temui di Jogja, mulai dari angkringan pinggir jalan sampai angkringan yang besar pun ada. Tidak perlu ragu untuk datang ke tempat Angkringan di Jogja, karena hampir di setiap sudut mereka menawarkan harga yang sama dan rasa yang lezat sekali. Hal yang seru yang bisa kamu lakukan di sini justru bukan karena bisa menikmati nasi kucing dan beberapa makanan lainnya, justru kamu akan bertemu dengan banyak sekali orang asli setempat dan menikmati obrolan khas Jogja yang akan membuat kamu kagum akan kota istimewa ini.

4. Bermain Masangin di Alun-Alun Kidul

Credit image kuliner.panduanwisata.id
Credit image kuliner.panduanwisata.id

Mungkin kata Masangin akan terdengar sangat asing di kuping kalian. Masangin yang hanya bisa kamu temui di Jogja ini berada di pusat Alun-Alun Kidul. Permainan ini sangat sederhana, kamu hanya perlu berjalan melewati sela-sela antara dua pohon beringin besar yang terdapat disana dengan mata tertutup. Karena ada hal unik dibalik permainan tersebut yang membuat para pengunjung sangat penasaran dan  membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Konon katanya jika kamu berhasil melakukan permainan ini semua yang kamu inginkan akan terwujud.

5. Makan Gudeg

Credit image travelinghematindonesia.blogspot.co.id

Belum lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi gudeg khas Jogja. Nggak perlu bingung untuk memilih tempat makan yang menjual gudeg, karena hampir diseluruh penjuru Jogja mereka menawarkan gudeg dengan rasa yang hampir sana dan rata-rata semuanya enak banget. Jika ingin merasakan gudeg yang paling favorit di Yogyakarta, kamu bisa mendatangi sentra gudeg di daerah Wijilan yang berada dekat dengan Alun-Alun Utara karena tempat ini sering dikunjungi para wisatawan untuk menikmati gudeg.

6. Bermain Odong-Odong Jogja

odong odong jogjakarta

Nah! Hal kelima ini juga merupakan kegiatan wajib yang harus kamu coba jika sudah berada di Jogja. Bermain odong-odong Jogja juga menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh para wisatawan yang sedang berada di kota yang istimewa ini. Mungkin odong-odong di sini sangat berbeda dengan yang sering kamu lihat pada umumnya, di hiasi dengan lampu warna-warni yang membuat mobilan atau odong-odong ini menjadi unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya hiasan lampu saja, tetapi di dalamnya juga ada musik yang bisa kamu putar, Lho. Tidak usah bingung untuk mencari odong-odong ini, kamu hanya perlu datang ke Alun-Alun Kidul Jogja di malam hari dan kamu bisa bermain sampai puas. Seru sekali bukan?

7. Mengunjungi Tempat Wisata

Credit image anekawisata.com

Jangan melewatkan kesempatan yang sangat langka ini jika sedang berada di Jogja. Kalau sudah puas berbelanja dan memutari Yogyakarta, kini saatnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang telah disediakan di Jogja. Mulai dari wisata air, Pantai yang indah, tempat bersejarah yang bisa kamu datangi, wisata unik rumah terbalik, taman pintar dan museum-museum peninggalan sejarah, sampai wisata yang ekstrem semua ada di sini. Kira-kira tempat wisata yang mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?

8. Belanja Murah di Pasar Beringharjo

Credit image yogya-backpacker.com

Kalau tadi sudah ada Malioboro, tidak ada salahnya kan kamu juga mampir untuk berbelanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo. Harganya memang terbilang lebih murah dari tempat-tempat lain tapi untuk kualitas dan barangnya yang berada di sini tidak jauh beda dengan yang ada di Malioboro. Kalau biasanya banyak orang yang mengunjungi tempat ini untuk mencari Batik asli khas Jogja karena harganya yang sangat murah.

9. Menikmati Sunset di Ratu Boko

Credit image Yogyakarta.CO

Tempatnya yang berada dekat dengan Candi Prambanan ini merupakan salah satu situs sejarah yang berada di Jogja. Kraton Ratu Boko selalu menjadi incaran para wisatawan terutama di kalangan fotografer. Karena tempatnya yang berada di atas bukit dan memiliki pemandangan yang indah dan bisa kamu nikmati di sore hari ini juga merupakan salah satu tempat yang bisa kamu nikmati untuk melihat sunset dan berfoto.

10. Mengunjungi Candi-Candi

shutterstock_188298098

Sudah puas berbelanja, menikmati wisata kuliner dan berfoto di Tugu Jogja, kini saatnya kamu mengunjungi Candi-Candi. Merupakan salah satu peninggalan situs dan benda cagar budaya Buddha, tempat ini selalu ramai dikunjungi. Candi terbesar yang berada di kawasan timur Jogja ini sangat sayang jika kamu lewatkan, Candi terbesar dan bisa kamu kunjungi di sini adalah Candi Prambanan dan Ratu Boko. Belum pas rasanya jika tidak mengakhiri liburan kamu dengan mengunjungi tempat yang satu ini, kalau kamu ingin menghemat jangan lupa untuk membeli tiket terusan Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko. Selamat berlibur!

Cek tiket pesawat murah ke Jogja di sini, Yuk!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Tempat WisataYogyakarta
Narisha Zulkarnain

The author Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Response