close

10 Bangunan dengan Desain Terbaik Karya Zaha Hadid

Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Siapakah Zaha Hadid yang menjadi google doodle hari Rabu (31/5/2017) ini? Zaha Hadid adalah seorang arsitek andal asal Irak. Nama lengkapnya adalah Dame Zaha Mohammad Hadid. Ia lahir pada tahun 1950 dan meninggal dunia pada tahun 2016 yang lalu.

Zaha Hadid adalah perempuan pertama yang mendapatkan gelar kehormatan Pritzker Architecture Prize, semacam piala Oscar dalam bidang arsitektur yang diberikan setiap tahun kepada arsitek-arsitek terbaik di dunia. Salah satu karya terbaiknya adalah London Aquatics Centre yang dijadikan sebagai perhelatan Olimpiade London pada tahun 2012.

Berikut beberapa bangunan dengan desain terbaik karya Zaha Hadid yang bisa kamu kunjungi di berbagai belahan dunia, seperti dihimpun Reservasi.com (31/5/2017).

Baca 9 Kuliner Unik, Aneh dan Mengundang Kontroversi di Dunia

1. Kantor Pemadam Kebakaran Vitra, Weil am Rhein (1994)

Alamy

Inilah salah satu proyek pertama Hadid yang berhasil diselesaikan dengan apik. Gaya arsitektur yang berani dengan warna yang sangat kontras pada masanya. Tak seperti umumnya sebuah kantor pemadam kebakaran yang kaku. Bangunan ini layaknya sebuah karya seni post-modern yang memuaku.

2. Phaeno Science Centre, Wolfsburg (2005)

shutterstock

Seperti berada dalam sebuah kapal induk yang siap mengudara ke Mars.

3. Jembatan Pavilion, Zaragoza (2008)

shutterstock.com

Jembatan yang menggunakan bahan kaca fiber ini panjangnya sekitar 280 meter membelah sungai Ebro. Seperti sebuah kapal tak dikenal yang mendarat darurat di sebuah sungai.

4. Evelyn Grace Academy, London (2008)

shutterstock.com

Bangunan yang memiliki jalur lari ini pernah mendapatkan penghargaan Stirling Prize dengan bentuk Z yang sangat kental dari bangunannya.

5. Guangzhou opera house, Guangzhou (2010)

shutterstock.com

Bangunan seharga 130 juta Euro ini bukan di Eropa melainkan di China. Ya, Hadid membawa kebanggaan arsitektur dunia ke Asia. Sayangnya karena dibangun di sisi sebuah sungai, bangunan ini kemudian tergerus erosi.

6. Jembatan Shaikh Zayed, Abu Dhabi (2010)

Getty Images

Jembatan dengan panjang sekitar 842 meter ini memiliki lengkungan sebagai simbol padang pasir. Jembatan ini menghabiskan dana pembangunan sekitar 200 juta Euro.

Baca 15 Rumah Unik di Luar Nalar Manusia yang Berhasil Dibangun

7. Riverside museum, Glasglow (2011)

Shutterstock

Inilah salah satu proyek pertama Hadid yang digarap di daratan Inggris. Bangunan museum ini pernah memenangi European museum Award pada tahun 2013 karena bentuk atapnya yang sangat unik dan eksentrik.

8. London Aquatics centre, Stratford (2012)

Shutterstock

Inilah bangunan yang menjadi saksi sejarah Olimpiade London 2012 dimana Indonesia berada dalam urutan 65 dari 85 negara yang ikut bertanding. Indonesia hanya berhasil menyumbangkan satu medali perak dan satu medali perunggu dari cabang angkat besi.

9. Heydar Aliyev cultural center, Baku (2012)

Shutterstock

Hadid memang sangat berani dalam membuat lengkungan dan kurva sebagai ciri khas desain arsitekturnya. Tak heran jika bangunan ini menjadi salah satu juara dalam London Desaing Museum Award pada tahun 2014.

Baca 14 Patung Unik yang melanggar Hukum Fisika

10. Galaxy Soho, Beijing (2012)

Shutterstock

Meskipun gaya arsitektur Hadid tak diragukan lagi dan kerap mendapatkan penghargaan, untuk bangunan yang satu ini justru malah dikritik karena tidak menyesuaikan kearifan lokal yang ada. Namun demikian, berada di dalam bangunan ini benar-benar seperi di sebuah bangunan masa depan dalam film science fiction.

Baca Unik, Hotel Unik, dan Hotel Murah

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Unik
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response