close

10 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun Ini

air terjun terindah
Illustrasi (shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Tak hanya pantai, gunung, museum, galeri saja yang bisa kamu kunjungi saat sedang liburan, tapi kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun. Indonesia punya berbagai air terjun yang menawarkan pesonanya masing-masing. Berikut air terjun terindah dan tercantik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi tahun ini:

1. Air Terjun Tama’lulua

Bisa dibilang jika air terjun ini jadi salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo.

  • Lokasi: terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.
  • Biaya Masuk : Rp2.000

A photo posted by Dedi Wahyu.Sr (@de.wa_) on

Akses menuju Air Terjun Tama’lulua :

Jika kamu dari kota Makassar, maka kamu harus ke kota Jeneponto terlebih dahulu, yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kamu akan melalui Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto.

Saat sampai di kota Jeneponto ada patung kuda besar, belok kiri, lalu masuk ke Jalan Kelara. Dari jalan Kelara kamu memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke desa Rumbia.

Lalu, dari jalan poros desa Rumbia kamu hanya memerlukan waktu 5 menit untuk sampai tempat parkiran. Untuk sampai ke Air Terjun Tama’lulua, kamu harus trekking sekitar 1 jam lamanya dari tempat parkir.

Tak jauh dari tempat parkir, ada baliho besar yang bertuliskan “Air Terjun Tama’lulua”. Air terjun terindah di Indonesia ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Bissolo. Di sini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Tama’lulua saja, tapi kamu juga bisa melihat gua Bassolo yang lokasinya tak jauh dari Air Terjun.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk jadi salah satu air terjun terindah yang memiliki nama lain Air Terjun Slempret. Air terjun ini memiliki aliran air yang terpecah dari celah tebing dan mengalir dari sela-sela tebing karst.

  • Lokasi : berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun yang memiliki tingkatan sebanyak 6 tingkat ini menghadirkan pemandangan persawahan yang masih sangat asri ditemani udara yang sejuk.

A photo posted by TheGuhWe (@theguhwe) on

  • Lokasi : Berada di dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
  • Harga Tiket Masuk : Gratis, namun kamu harus membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

4. Air Terjun Gedangan

Jika berkunjung ke Bantul, maka kamu tak boleh melewatkan kesempatan berkunjung ke Air Terjun Gedangan atau yang biasa dikenal Air Terjun Seribu Batu.

  • Lokasi : Secara geografis, Air Terjun Gedangan masuk dalam kawasan Dusun Cengkehan, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Letak air terjun ini berada di sisi timur Makam Raja Imogiri.

5. Air Terjun Nglirip

Air terjun terindah yang ada di Tuban ini memiliki ketinggian sekitar 20 – 30 meter.

Salah satu air terjun tercantik di Indonesia ini memiliki banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satunya barang siapa yang membawa pasangan maka akan putus kurang dari 40 hari. Serem ya, mitosnya, gimana kamu percaya engga?

  • Lokasi : Berada di Tuban, tepatnya di pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban , Jawa Timur.

Akses menuju Air Terjun Nglirip:

Ada dua rute untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Nglirip:

  • Rute Montong: Naik angkutan umum jurusan Montong, lalu dilanjutkan dengan naik angkutan umum lagi ke jurusan Jojogan. Jalan sebentar untuk sampai ke Air Terjun Nglirip.
  • Rute Singgahan : Kamu juga bisa naik angkutan umum dari terminal Tuban, lalu dilanjutkan dengan menggunakan bis ke Jatirogo dan berhenti di terminal Bojonegoro, lalu menuju daerah Jatirogo. Kamu bisa turun di pertigaan warung anjlok, Jojogan. Dari pertigaan ini, Air Terjun Nglirip hanya berjarak sekitar 1 km saja.

Baca juga:

6. Air Terjun Banyumala

Air terjun tertinggi di Bali Utara ini jadi air terjun terindah dengan pemandangan alamnya yang masih asri.

A photo posted by Aryak (@armaikede) on

  • Lokasi: Berada di desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun Banyumala tepat berada di sebelah danau kembar Buyan dan Tamblingan.
  • Harga tiket masuk ke Air Terjun Banyumala atau Twin Waterfalls Banyumala : Rp10.000;

7. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura menawarkan pesona yang seolah bisa menghipnotis mata kamu. Air terjun tercantik di Probolinggo ini jadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

  • Lokasi: Berada di Jawa Timur, terletak di Dusun Branggah, Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk: Rp5.000;

8. Air Terjun Sisi Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo memiliki keistimewaan tersendiri yaitu keberadaan air terjun di bibir pantainya.

A photo posted by Ryan Rachmanto (@rrchmnt) on

  • Lokasi: Berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur.

9. Air Terjun Coban Pelangi

Berada di Air Terjun Coban Pelangi, kamu bisa melihat pemandangan indahnya pelangi. Air Terjun Coban Pelangi jadi salah satu air terindah dan tercantik yang ada di Malang.

  • Lokasi : Ngadas, Poncokusumo, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur 65157

A photo posted by @englandsno1 on

Harga Tiket Masuk dan Tiket Parkir Air Terjun Coban Pelangi

  • Harga Tiket Masuk : RP5.000/ orang
  • Harga Tiket Parkir Roda Dua : Rp3.000
  • Harga Tiket Parkir Roda Empat : Rp5.000

10. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso berada di perbukitan yang dikelilingi oleh hutan pinus. Air terjun Sipiso-piso jadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 120 meter.

  • Lokasi : tak terlalu jauh dari lokasi Danau Toba tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara.

A photo posted by Pete DeMarco (@petedemarco) on

Akses menuju Air Terjun Sipiso-piso :

Jika kamu menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Kamu bisa menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam.

Saat sampai di Kabanjahe, lanjutkan perjalanan kamu dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.

Jadi, kira-kira air terjun yang akan kamu kunjungi tahun ini yangmana?

Tags : Air TerjunIndonesia

6 Comments

  1. mantap banget air terjun yang ada di Indonesia, selain pemandangannya yang luar biasa, biaya untuk masuk juga terjangkau
    makasih min buat info nya

  2. Air terjun malela di kecamatan gununghalu,kab.bandung barat adalah miniatur niagara,coba di cek oleh admin

  3. Air terjun Madakaripura sudah aman dan nyaman bagi wisatawan belum ya?
    apakah masih ada praktik nakal berupa motor atau mobil yang sengaja dibersihkan secara asal – asalan guna meminta uang kepada si mpunya kendaraan tersebut.
    Jika masih ada, malas lagi kembali berkunjung kesana.

Leave a Response